Dibantu Dukun Anak, Wanita Hamil Melahirkan di Perjalanan Menuju Poskedes

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 20:49 WIB
Dibantu Dukun Anak, Wanita Hamil Melahirkan di Perjalanan Menuju Poskedes
Menggunakan tandu bambu dan kain, sejumlah warga mengevakuasi Yati (28) warga Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, menuju Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). (Foto: SINDOnews/Syamsu)
A A A
PANGANDARAN - Seorang perempuan hamil, Yati (28) yang ditandu keluarga dan warga menuju Pos Kesehatan Desa (Poskedes) Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, melahirkan di perjalanan. Kejadian yang di upload ke media sosial facebook tersebut direspon berbagai komentar netizen.

Kepala Puskesmas Kecamatan Langkaplancar Yana Taryana mengatakan, jarak dari rumah Yati ke Poskesdes sekitar 4 kilometer dan kondisi jalan yang dilalui sangat terjal.

"Yati merasakan mules tanda mau melahirkan sejak pukul 05.30 WIB, setelah itu pihak keluarga menyepakati untuk melahirkan di Poskesdes menggunakan motor," kata Yana.

Belum juga sampai ke tujuan Poskesdes, sekitar perjalanan baru ditempuh 1,5 kilometer dari rumahnya, rasa mules yang dialami Yati semakin tinggi, sehingga berhenti di perjalanan.

"Beruntung saat menuju ke Poskesdes Yati didampingi seorang paraji atau dukun anak di perkampungan, sehingga proses kelahiran dibantu oleh paraji dan proses lahiran terjadi pada pukul 08.00 WIB," tambahnya.

Setelah bayi lahir di perjalanan, bidan Desa datang kelokasi dan langsung menanganinya. "Setelah proses persalinan selesai, ibu dan anak selamat, warga langsung membawa Yati dan bayinya menggunakan tandu yang terbuat dari kain sarung dipikul menggunakan bambu," papar Yana.

Yana mengimbau kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan medis untuk melakukan koordinasi aktif dengan pihak Puskesmas agar kejadian serupa tidak lagi.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.7017 seconds (0.1#10.140)