Jerman Harap Indonesia Lestarikan Nilai-nilai Warisan BJ Habibie

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 14:04 WIB
Jerman Harap Indonesia Lestarikan Nilai-nilai Warisan BJ Habibie
Dubes Jerman, Peter Schoof mengatakan pihaknya berharap Indonesia untuk lanjutkan jalan demokrasi, bukan hanya demi kebaikan rakyat, tapi juga untuk hormati Habibie. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A A A
JAKARTA - Jerman berharap bahwa Indonesia erus melestarikan nilai-nilai yang telah diperjuangkan mendiang Presiden ketiga Indonesia B.J Habibie.

Habibie adalah sosok yang menciptakan dasar demokrasi di Indonesia. Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Peter Schoof mengatakan Jerman dan Uni Eropa (UE) secara luas berharap Indonesia untuk terus melanjutkan jalan demokrasi. Hal ini, papar Schoof bukan hanya demi kebaikan masyarakat Indonesia, tapi juga untuk menghormati Habibie.

"Jerman dan UE memiliki pesan kepada Anda, lanjutan jalan demokrasi, keberagaman, keterbukaan, untuk kemaslahatan seluruh masyarakat Indonesia, tapi juga sebagai bagian dari warisan mendiang B.J Habibie, yang meninggalkan kita beberapa pekan lalu," ucapnya, saat menyampaikan pidato pada peringatan hari penyatuan Jerman pada Kamis (3/10/2019).

"Habibie membuka jalan demokrasi di Indonesia, dengan mengimplemtasikan perubahan demokrasi, menjamin kebebasan berbicara, melepas tahanan politik dan bekerja untuk rekonsiliasi dengan negara tetangga. Dia menciptakan dasar bagi sukses besar Indonesia dalam 20 tahun terakhir," sambungnya.

Habibie, papar Schoof, juga sukses mempromosikan ilmu pengetahuan, pendidikan di Indonesia. Dia menyebut pihaknya juga merindukan Habibie karena dia sangat mencintai Jerman.

"Dia memiliki pengetahuan mendalam mengenai masyarakat dan budaya Jerman, dengan hubungan profesional dan pribadi yang sangat erat. Ketidakhadiranya malam ini, di mana dia selalu rutin datang setiap tahunya (dalam peringatan penyatuan Jerman), sangat menyakitkan," tukasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5314 seconds (0.1#10.140)