Lapas Klas II Sorong di Papua Barat Dibakar Warga Binaan

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:10 WIB
Lapas Klas II Sorong di Papua Barat Dibakar Warga Binaan
Lapas Klas II B Sorong di Jalan F Kaisepo KM 10, Kota Sorong dibakar warga binaan sekitar pukul 15.30 WIT. Aksi pembakaran tersebut dipicu provokasi dari pendemo yang datang ke depan lapas tersebut menjelang sore. Foto iNews TV/Chanry AS
A A A
SORONG - Aksi pembakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sorong di Jalan F Kaisepo KM 10, Kota Sorong dibakar warga binaan sekitar pukul 15.30 WIT.

Aksi tersebut dipicu provokasi dari pendemo yang datang ke depan lapas tersebut menjelang sore.

Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Ade Kusmanto menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima dari pihak Lapas Sorong, aksi pembakaran terjadi menjelang sore hari antara jam 15.00-16.00 WIT yang dipicu oleh massa pendemo yang datang di depan Lapas Klas II Sorong.

Sebelumnya pada pagi hari sekitar pukul 11.00 WIT sejumlah massa pendemo datang mendekati lapas tersebut usai berunjuk rasa di gedung DPRD yang hanya berjarak 400 meter. Tapi sekitar pukul 13.00 WIT massa membubarkan diri.

Namun sekitar pukul 15.00 WIT datang lagi sejumlah massa yang kembali memprovokasi dari luar lapas. "Mereka kemudian melempari gedung lapas sehingga memprovokasi penghuni lapas dan memicu emosional para narapidana sehingga terjadi kerusuhan berujung adanya perlawanan kepada petugas dan pelarian dan pembakaran," kata Ade.

Saat ini, kata dia, kerusuhan sudah reda, hanya perkantoran lapas yang terbakar, sementara blok hunian napi aman. Namun sebagian warga binaan melarikan diri.

"Sebagian napi memang melarikan diri, sebagian tetap tinggal di halaman lapas. Saat ini belum bisa dihitung berapa orang yang melarikan diri. Namun ada satu org petugas yang terluka oleh napi karena menghalangi napi yang memaksa keluar lapas," tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6593 seconds (0.1#10.140)