Tanpa Alasan, Kades Sei Simujur Berhentikan 16 Perangkat Desa

Jum'at, 03 April 2020 - 11:59 WIB
Tanpa Alasan, Kades Sei Simujur Berhentikan 16 Perangkat Desa
Sejumlah perangkat Desa Sei Simujur, Kecamatan Laut Tador, Batubara, diberhentikan kepala desa tanpa alasan yang jelas. (Foto:SINDONews/Fadly)
A A A
BATUBARA - Sutimin, Kepala Desa (Kades) Sei Simujur, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, memberhentikan 16 perangkat desa. Pemberhentian sepihak ditengarai menyalahi prosedur karena tidak ada rekomendasi camat setempat.

Pemberhentian 16 perangkat desa tertuang dalam Surat Keterangan (SK) nomor: 141/14/SK-SS/III/2020, tanggal 31 Maret 2020 tentang pemberhentian, yang ditandatangani Sutimin. Bahkan, dalam surat tersebut juga tidak tercantum tembusan ke kecamatan dan pemerintah daerah.

Kasus yang sama juga pernah dilakukan Isa, Kepala Desa Sumber Rejo, Kecamatan Datuk Limapuluh. Sebanyak 9 perangkat desa yang diberhentikan akhirnya dibatalkan karena ditolak anggota dewan, camat dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Batubara.

Ada indikasi, sejak dilantik para kepala desa terpilih, melakukan pencopotan perangkat desa untuk digantikan orang-orang yang mengusungnya pada Pilkades serentak 2019 lalu.

Salah seorang perangkat desa, Mardianto mengaku binggung begitu menerima SK pemberhenian dirinya sebagai Kaur Usaha dan Umum Desa Sei Simujur. "Tidak pernah dibicarakan, tiba-tiba kami mendapat surat pemberhentian seperti ini. Kaget juga awak," katanya, Kamis (2/4/2020).

Mardianto melihat pemberhentian dirinya dan rekan-rekan tidak sesuai prosedur serta tidak sesuai koridor hukum. Untuk itu, para perangkat desa meminta perlindungan hukum ke Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) serta mengadukan nasibnya ke DPRD setempat.

Ketua PPDI Batubara Ariyanto yang dikonfirmasi mengaku sudah mendapat laporan tersebut. Kini pihaknya akan segera menindaklanjuti persoalan ini bersama instansi terkait di Batubara. "Laporannya sudah kita terima, nanti akan kita bahas bersama instansi berwenang," kata Ariyanto

Sementara itu, Kepala Desa Sei Simujur Sutimin yang dikonfirmasi terkait pemberhentian 16 perangkat desa tidak berhasil ditemui.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4635 seconds (0.1#10.140)