Dua Hari Ditargetkan, Pemko Medan Selesaikan Akses TPU Simalingkar B

Rabu, 01 April 2020 - 18:59 WIB
Dua Hari Ditargetkan, Pemko Medan Selesaikan Akses TPU Simalingkar B
Pekerja perbaikan jalan masih melakukan perbaikan. Foto/SINDOnews. Sartana Nasution
A A A
MEDAN - Pemko Medan menargetkan dua hari bakal menyelesaikan akses jalan mobil ambulance menuju Taman Pemakaman Umum (PTU) positif Virus Corona (Covid'19) di Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.

Persiapan jalan menuju kuburan ini sebagai antisipasi terjadinya penolakan dari warga atas jenazah positif Covid-19 yang hendak dimakamkan di pemakaman umum.

Di lokasi pemakaman ini, Pemko Medan telah menyediakan lahan untuk mengebumikan khusus pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan HM Husni pihak yang bertanggungjawab dalam pengerjaan akses jalan itu, mengatakan proses pengerjaan jalan masuk mobil ambulance terus dilakukan.

"Berkat kerja keras yang dilakukan, kita perkirakan dalam dua hari ke depan akan selesai sehingga mobil ambulance dengan mudah memasuki lahan perkuburan,” kata Kadis DKP Kota Medan HM Husni di Medan, Rabu (1/4/2020).

Menurutnya, proses pengerjaan berjalan cukup lancar, dan puluhan pekerja terus bekerja untuk menyelesaikan jalan masuk mobil ambulance tersebut.

"Pengerjaan juga melibatkan petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan agar cepat selesai. Satu unit alat berat milik Dinas PU juga diturunkan untuk mempercepat proses penyelesaian," ungkapnya.

Sementara, Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah juga turut serta dalam pengerjaan jalan masuk untuk mobil ambulance, pihaknya akan melakukan pengerasan badan jalan.

"Kalau sudah dilakukan pengerasan akses jalan ini akan lebih baik dan mudah dilalui kendaraan roda empat," ungkapnya.

Sebelumnya, warga di sekitar TPU Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan telah memperoleh sosialisasi dan edukasi terkait Panduan Protokol Pengurusan Jenazah Pasien Covid-19 di Balai Pertemuan Kantor Camat Medan Tuntungan, Jalan Bunga Melati, Senin (30/3/2020).

Proses penanganan jenazah pasien Covid-19 yang dilakukan dalam beberapa fase. Selain selalu disemprotkan cairan disinfektan, juga ketika sudah di masukkan ke dalam peti jenazah dan hendak di masukkan ke dalam mobil jenazah atau ambulance, tetap dilakukan penyemprotan sebelum dibawa menuju pemakaman.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8198 seconds (0.1#10.140)