Cegah Corona, BNPB Imbau WNI yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia Cek Kesehatan

Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:31 WIB
Cegah Corona, BNPB Imbau WNI yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia Cek Kesehatan
BNPB dan Kementerian Kesehatan mengimbau kepada WNI yang mengikuti Tablig Akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia agar memeriksakan kesehatan. Foto/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan mengimbau kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengikuti Tablig Akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia agar memeriksakan kesehatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengatakan upaya ini sebagai bentuk menjaga terjadi penularan virus Corona di Indonesia.

“Mengingat Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) sudah merilis tiga jemaah positif terinfeksi virus Corona. Kasus pertama jamaah asal Brunei, kasus kedua dan ketiga berasal dari Kuantan dan Tawau, Malaysia,” ujar Agus dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Sabtu (14/3/2020).

Apalagi, kata Agus, diperkirakan dihadiri 10.000 jamaah yang berasal dari jamaah beberapa negara. Antara lain, kata dia, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, China, India, Bangladesh, Myanmar, Aljazira, Tunisia, Jordan, Afrika Selatan, Australia, Arab Saudi, Korea Selatan, Gambia, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Mesir, Tanzania dan Jepang.

Imbauan ini juga diperkuat berdasarkan edaran Nomor 00938/WN/03/2020/07 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, meminta WNI yang ada di Malaysia dan hadir dalam Tablig Akbar di Masjid Sri Petaling untuk melakukan tes corona. “Meskipun, sampai saat ini belum ada laporan WNI yang terjangkit Covid-19 di Malaysia,” kata Agus.

Bagi WNI yang berada di Malaysia yang menghadiri tablig akbar tersebut dapat menghubungi hotline Crisis Preparedness and Reponse Centre (CPRC) KKM atau menghubungi KBRI Kuala Lumpur untuk pendataan dan pemantauan.

“Sedangkan WNI yang sudah berada di Indonesia dapat menghubungi 119 atau rumah sakit terdekat. KBRI meminta WNI untuk sementara tidak menyelenggarakan kegiatan dengan melibatkan massa dalam jumlah yang besar,” jelas Agus.

Agus juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan sedini mungkin dengan tidak mendatangi lokasi keramaian. “Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, olahraga teratur, makan makanan bergizi, jaga kebersihan, istirahat yang cukup dan cek kesehatan secara rutin,” tegasnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8378 seconds (0.1#10.140)