Menyebar ke Indonesia, Mutasi Baru Virus Corona Seperti AIDS

Sabtu, 07 Maret 2020 - 12:35 WIB
Menyebar ke Indonesia, Mutasi Baru Virus Corona Seperti AIDS
Antisipasi virus corona di Indonesia. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para ahli menyebutkan karakteristik virus Corona (COVID-19) akan berevolusi dan sifatnya akan terus mengganas dan terus berevolusi.

Petugas medis di China dari Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, dekat pusat penyakit, membuat pernyataan mengerika, seperti yang dilaporkan di media negara itu. Tim Dokter China mengatakan hasil otopsi korban corona menunjukkan penyakit ini jauh lebih buruk daripada yang dibayangkan sebelumnya.

Tim medis dari Rumah Sakit Zhongnan dari Universitas Wuhan memperingatkan bahwa virus itu menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru dan sistem kekebalan tubuh.

"Pengaruh COVID-19 pada tubuh manusia seperti kombinasi SARS dan AIDS karena merusak paru-paru dan sistem kekebalan tubuh," kata Peng Zhiyong, yang bekerja di rumah sakit dekat pusat penyakit, kepada Global Times.

Berbicara kepada juru bicara Partai Komunis negara itu, mengikuti sebuah makalah yang diterbitkan dalam Journal of Forensic Medicine, ia memperingatkan bahwa bahkan jika pasien pulih, mereka dibiarkan dengan kerusakan paru-paru "yang tidak dapat diperbaiki".

Dr Peng berbicara setelah makalah oleh Liu Liang, seorang spesialis forensik dari Fakultas Kedokteran Tongji di Universitas Sains dan Teknologi Huazhong, menjadi viral minggu lalu.

Tim Liang melakukan otopsi pada sembilan pasien coronavirus yang meninggal pada Februari.

"Hasil otopsi yang dibagikan Liu banyak menginspirasi saya," kata Dr Peng.

"Berdasarkan hasil, saya pikir hal yang paling penting sekarang adalah mengambil langkah-langkah pada tahap awal penyakit untuk melindungi paru-paru pasien dari fibrosis yang tidak dapat diperbaiki."

Fibrosis paru adalah jaringan parut permanen pada jaringan paru-paru yang dapat membuat pasien sesak napas kronis.

Koran itu menggambarkan seorang korban 85 tahun dari penyakit yang telah menderita kerusakan nyata pada paru-parunya.

Menurut Global Times, surat kabar itu mengatakan pasien memiliki perubahan patologis yang sama dengan yang disebabkan oleh SARS dan MERS.

Sebuah studi sebelumnya di The Lancet memeriksa CT scan dari 81 pasien coronavirus di Wuhan, menunjukkan bahwa pasien "menunjukkan munculnya perubahan interstitial, menunjukkan perkembangan fibrosis".

Sebelumnya, ilmuwan China memperingatkan bahwa virus telah bermutasi menjadi jenis yang lebih agresif.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5877 seconds (0.1#10.140)