Tolak Pemusnahan, Massa Peternak Babi Demo DPRD Sumut

Senin, 10 Februari 2020 - 17:17 WIB
Tolak Pemusnahan, Massa Peternak Babi Demo DPRD Sumut
Massa peternak babi yang tergabung dalam Gerakan #save babi melakukan deklarasi Hari Kedaulatan Babi saat menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD Sumut, Senin (10/2/2020). (Foto/SINDOnews/Andi Yusri)
A A A
MEDAN - Massa Peternak Babi yang tergabung dalam Gerakan #save babi melakukan deklarasi Hari Kedaulatan Babi saat menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD Sumatera Utara (Sumut), Medan, Senin (10/2/2020).

Sebelum melakukan aksi damai, massa berkumpul di Lapangan Merdeka Medan, Jalan Pulau Pinang Medan. Jalan di depan pintu Utama Lapangan Merdeka itu terpaksa ditutup sementara hingga massa melakukan longmarch menuju Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Tiba di Gedung DPRD Sumut, massa Peternak babi mulai menyampaikan aspirasinya melalui spanduk yang dibentangkan dan pengeras suara melalui koordinator yang menggemakan Hari Kedaulatan babi.

Dengan membaca surat undangan yang ditandatangai Ketua koordinator Boasa Simanjuntak dan Sekretaris Toman Purba, menyatakan bahwa aksi ini menyikapi rencana pemusnahan ternak babi oleh Gubernur Sumatera Utara yang mereka peroleh lewat pemberitaan media cetak dan media daring (online).

"Hari ini, kita buat sebagai Hari Kedaulatan babi. Ada banyak orang yang mengucapkan selamat kepada saya sebagai Ketua babi," ucap Koordinator aksi, Boasa Simanjuntak saat melakukan aksi damai di depan Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Dikatakan Boasa, massa juga menolak keras pemusnahan babi di Sumatera Utara. "Kami menantang keras pemusnahan babi ini, karena kalau dimusnahkan berarti sudah menghilang budaya batak di Provinsi ini. Karena sejak lahir sampai mati, babi ini jadi budaya di tanah batak," katanya.

Menurutnya, aksi ini merupakan Gerakan Aksi Damai dan Deklarasi Hari Kedaulatan Babi karena hewan babi mempunyai kedudukan istimewa yang wajib bagi suku Batak, khususnya yang beragama Kristen. Baik dari sisi budaya maupun dari sisi ekonomi yang telah terbukti salah satu andalan orang Batak untuk meningkatkan taraf hidup dan menyekolahkan anak-anaknya dengan beternak babi.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4358 seconds (0.1#10.140)