Yuk! Mencoba Menyeduh Kopi Sendiri di Lembah Gunung Lubuk Raya dan Sibual-Buali

Senin, 27 Januari 2020 - 08:32 WIB
Yuk! Mencoba Menyeduh Kopi Sendiri di Lembah Gunung Lubuk Raya dan Sibual-Buali
Indar Sakti Tanjung, sedang menyeduh kopi poto (sindonews/zia nasution)
A A A
TAPANULI SELATAN - Bagi pecinta kopi di Nusantara, tidak ada salahnya berkunjung ke Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut). Di daerah ini banyak pengrajin kopi yang mampu meracik kopi spesial yang enak dinikmati.

Dari berbagai tempat yang tersedia di Tapsel, penulis berkesempatan berkunjung ke Syaakira View and Resto di Desa Aek Sabaon (Sibiobio), Kecamatan Marancar. Di tempat tersebut, para "penggila" kopi dapat menyeduh langsung jenis kopi yang dia inginkan.

Berbagai varian dan harga disedikan, seperti, single espresso, double espresso, short black, long black, ekspesso susu (sanger), cappucino, caffe late, dan bean peaberry oleh barista yang sudah ahli dalam meracik kopi.

Udara yang sejuk, tepatnya di kaki Gunung Lubuk Raya dan Sibual-Buali, menambah rasa ingin menikmati kopi para pecinta kopi. Tak heran, ratusan pengunjung datang ke tempat itu hanya untuk menikmati kopi sembari bersantai dengan keluarga atau rekannya.
Yuk! Mencoba Menyeduh Kopi Sendiri di Lembah Gunung Lubuk Raya dan Sibual-Buali

Untuk datang ke tempat itu, pengunjung tidak usah khawatir. Sebab, dari Kota Padangsidimpuan hanya membutuhkan jarak tempat 30 menit dan dari Sipirok 1 jam lebih. Pemerintah setempat juga saat ini lagi giat-giatnya membangun infraktruktur menuju lokasi itu.

Indar Sakti Tanjung, pengembang Syaakira The View and Resto mengungkapkan, kopi Arabika Marancar mempunyai mutu yang tinggi dan dapat bersaing dengan jenis kopi lainnya. Sebab, kopi ini tumbuh diketinggian 1000 MDPL."Biji kopi dari Marancar, salah satu yang terbaik dari wilayah Tapsel,"ujarnya kepada SINDONews ketika berbincang-bincang.

Untuk memperoleh mutu kopi dengan persentase kadar air yang baik, pihaknya juga melakukan penyaringan mulai dari great I, II, dan III. Selain itu, suhu proses pengeringan dalam rumah juga diatur menggunakan alat roasting kopi."Kopi berasal dari para petani di wilayah ini dengan harga yang sudah disesuaikan,"imbuhnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3105 seconds (0.1#10.140)