Sumsel Blackout, PLN Telusuri Penyebab Utamanya

Rabu, 11 Maret 2020 - 17:46 WIB
Sumsel Blackout, PLN Telusuri Penyebab Utamanya
Sumsel Blackout, PLN Telusuri Penyebab Utamanya. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Sejumlah wilayah di Sumsel mengalami pemadaman listrik secara bersamaan sejak pukul 13.56 WIB hingga 15.18 WIB.

Beberapa wilayah yang mengalami blackout sementara diantaranya Palembang, Lahat, Ogan Ilir, Banyuasin dan Bayung Lincir.

General Manager PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu, Daryono mengatakan, blackout terjadi akibat gangguan pada sistem transmisi 150 kilovolt arah Bukit Asam-Simpang Tiga dan Bukit Asam-Baturaja.

"Memang tadi terjadi sedikit gangguan di Gardu Induk Bukit Asam di Gunung Megang sehingga menyebabkan gangguan di transmisinya dan berdampak pada sebagian wilayah Sumsel," ujar Daryono saat diwawancarai SINDOnews, Rabu (11/03/2020).

Sampai pukul 15.18 WIB, kata Daryono, petugas mengupayakan penormalan pada seluruh wilayah yang terdampak padam. Untuk fasilitas publik tidak mengalami gangguan yang signifikan.

"Pada saat gangguan tadi di bagian transmisi umum tidak ada gangguan, LRT juga tidak mengalami gangguan. Petugas di lapangan juga bergerak cepat mengatasi," jelasnya.

Meski terjadi blackout sementara, tambah Daryono, pihaknya juga belum dapat memastikan penyebab utama terjadinya pemadaman listrik secara massal tersebut.

"Terkait cuaca belum bisa dipastikan, petugas juga masih mencari tahu dan menelusuri penyebab padamnya listrik. Meskipun begitu, kita upayakan normal semuanya dan upayakan perbaikan secara permanen," tandasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0061 seconds (0.1#10.140)