Polda Sumsel Petakan Lima Daerah Siaga Karhutbunla 2020

Selasa, 10 Maret 2020 - 16:59 WIB
Polda Sumsel Petakan Lima Daerah Siaga Karhutbunla 2020
Polda Sumsel Petakan Lima Daerah Siaga Karhutbunla 2020. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Polda Sumsel memetakan lima wilayah siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutbunla) tahun 2020, yakni Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kota Palembang.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, seperti tahun sebelumnya, kelima daerah tersebut masuk kategori siaga karhutbunla.

"Wilayah lain di Sumsel juga tetap berpotensi sehingga intruksi dari Kapolda semua pihak harus siaga," ujar Supriadi, Selasa (10/03/2020).

Untuk mengantisipasi karhutbunla, kata Supriadi, pihaknya telah membentuk posko bersama jajaran Forkompinda Sumsel. Posko tersebut berada di tiga tempat yakni di Kantor Gubernur, Korem, dan Polda Sumsel.

"Kita koordinasi dengan gubernur dan juga mengimbau kepada masyarakat dan mahasiswa untuk bergabung menjadi relawan untuk saling membantu dalam memadamkan api dan mencegah kebakaran," katanya.

Sementara itu, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan, berkaca dari kejadian tahun 2019 lalu pihaknya akan mencegah lebih dini kebakaran lahan gambut.

Polisi juga akan melakukan penegakkan hukum bagi perseorangan dan koorporasi yang terbukti melakukan pembakaran hutan pada musim kemarau mendatang.

"Kita pelajari barang buktinya nanti setelah itu akan kita lakukan proses hukum," tandasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0988 seconds (0.1#10.140)