Jamaah Haji Embarkasi Palembang Gunakan Maskapai Flynas

Selasa, 10 Maret 2020 - 14:47 WIB
Jamaah Haji Embarkasi Palembang Gunakan Maskapai Flynas
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Muhajirin Yanis memimpin pertemuan pengenalan maskapai Flynas di Palembang. Foto/SINDOnews/Berli Zul
A A A
PALEMBANG - Embarkasi haji Palembang tahun ini menggunakan maskapai penerbangan Flynas Airlines dari Arab Saudi. Diharapkan penggunaan ini dapat meningkatkan kualitas layanan maskapai sebelumnya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Muhajirin Yanis mengungkapkan saat rapat bersama dengan pihak terkait di Kanwil Kemenag Sumsel di Palembang, Selasa (10/3/2020).

“Pertemuan kita hari ini adalah untuk memperkenalkan maskapai baru yang memberangkatkan jamaah haji Embarkasi Palembang, yaitu Flynas Airlines,” ujarnya dalam pertemuan pengenalan Maskapai Flynas.

Menurutnya, tahun ini ada tiga maskapai yang akan mengangkut jamaah haji Indonesia, yakni Garuda Indonesia Airlines, Saudi Arabia Airlines, dan Flynas Airlines. Tahun sebelumnya hanya menggunakan Garuda dan Saudia.

"Sebenarnya, ada satu maskapai lagi yang sempat melakukan negosiasi harga, namun mengundurkan diri. Mudah-mudahan ke depan makin banyak dan harga tiket jamaah menjadi lebih murah,” katanya.

Biaya terbesar yang ditanggung jamaah haji adalah biaya tiket. Meski biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) di setiap embarkasi belum diputuskan pemerintah, ada kemungkinan nominalnya lebih murah dibanding tahun lalu.

“Kita masih menunggu keppres tentang itu. Pastinya, dengan adanya perubahan angkutan, mudah-mudahan layanan terus berubah ke arah yang lebih baik. Bila jamaah kecewa, belum tentu periode berikutnya masih Flynas,” tegasnya.

Sementara Perwakilan Flynas Khalid mengucapkan terima kasih kepada kemenag yang telah memfasilitasi pertemuan ini sehingga pihaknya dapat bertatap muka dengan stake holder terkait operasional haji.

“Flynas telah beroperasi selama 13 tahun. Tiga tahun terakhir kita mengangkut 50 persen jamaah haji yang diangkut Saudia. Kita juga mengangkut seluruh jamaah haji dari Malaysia. Namun, Indonesia merupakan negara dengan jumlah jamaah haji terbanyak. Ini menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi Flynas untuk bersaing dengan perusahaan penerbangan lainnya,” katanya.

Khalid menegaskan, Flynas bertekad memberikan pelayanan terbaik. Namun, hal itu butuh dukungan semua pihak terkait.

"Untuk mendapatkan slot yang bagus memang tidak mudah. Namun kami akan berjuang dan ini tentu butuh biaya yang tidak sedikit," katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel melalui Kepala Bagian Tata Usaha Abadil meyakini, perubahan angkutan udara dari Saudi Arabian Airlines ke Flynas Airlines tidak akan membuat kualitas pelayanan terhadap jamaah menurun.

“Atas dasar itulah kita undang mitra kemenag yang terkait penyelenggaraan haji. Mudah-mudahan pertemuan ini menjadi awal yang baik untuk menjalin komunikasi yang lebih teknis. Selanjutnya tentu pihak Flynas akan berupaya untuk kian memuaskan jamaah haji,” katanya.

Informasinya, Flynas biasa memberangkatkan jamaah haji dari Malaysia, India, dan negara-negara Afrika. Untuk tipe pesawat, Flynas menyediakan pesawat Boeing 747 Seri 400 dengan kapasitas 500 seat.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4847 seconds (0.1#10.140)