Cara Aman dan Mudah Gunakan Genset di Rumah

Minggu, 05 Januari 2020 - 11:08 WIB
Cara Aman dan Mudah Gunakan Genset di Rumah
Masyarakat diminta berhati-hati saat menggunakan genset yang banyak dimanfaatkan untuk memasok listrik pengganti PLN. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian masyarakat, pemadaman listrik yang kerap terjadi bisa diantisipasi dengan penggunaan genset (generator set) sebagai pengganti sumber listrik PLN.

"Namun perlu diketahui, penggunaan genset yang salah bisa menyebabkan hal yang berbahaya hingga kematian," kata Muhammad Islah, Manager Service Center Ryu Powertools mengingatkan.

Nah guna mengurangi risiko bahaya terhadap penggunaan genset yang salah, maka perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Jangan tempatkan genset di ruangan tertutup atau di dalam ruangan

Genset menghasilkan karbon monoksida yang dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia.

Sebaiknya letakkan genset di ruangan luar dengan sirkulasi udara yang baik tapi tetap terlindung dari hujan.

2. Tempatkan genset di tempat yang datar

Pada saat pemakaian genset menghasilkan getaran, sehingga ada baiknya memosisikan genset tersebut pada tempat yang datar. Tujuannya agar genset tersebut tidak pindah dari lokasi penempatan awalnya.

3. Sebelum menyalakan genset pastikan bahan bakar dan oli genset telah terisi

Apabila bahan bakar habis, dapat diisikan secukupnya alias tidak terlalu penuh dan jangan terlampau sedikit. Oli yang digunakan juga tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena akan menyebabkan genset berjalan tidak normal seperti tersendat-sendat atau tidak mau menyala.

4. Penggunaan genset saat baru menyala

Saat baru menyalakan genset, pengguna perlu mencoba terlebih dahulu untuk peralatan-peralatan yang mengonsumsi daya besar. Setelah itu baru ke peralatan yang mengonsumsi daya yang kecil.

5. Pastikan kabel genset tidak terendam oleh air

Pada saat genset digunakan jangan meletakkan kabel genset yang terendam oleh air. Karena hal ini rentan menyebabkan konsleting jika ternyata ada kulit kabel yang terbuka.

6. Sebelum menyalakan genset

Ketika akan menyalakan genset, pengguna harus dipastikan tidak ada arus listrik PLN yang sedang menyala. Saklar MCB juga harus pada posisi turun/off.

"Hal utama yang paling penting dilakukan masyarakat jika ingin menggunakan genset di rumahnya adalah harus terlebih dahulu mematuhi segala tata cara dan aturan pemasangan yang ada. Ikuti segala instruksi cara pasang genset yang dimiliki, dengan begitu dapat terhindar dari bahaya pemasangan genset yang salah," saran Muhammad Islah.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9006 seconds (0.1#10.140)