Dirut PLN Zulkifli Zaini, Begini Jejak Kariernya

Senin, 23 Desember 2019 - 15:25 WIB
Dirut PLN Zulkifli Zaini, Begini Jejak Kariernya
Dirut PLN Zulkifli Zaini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

"Baik Amien maupun Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,“ ucap Erick Thohir, Senin (23/12/2019).

Sebagai informasi, Zulkifi Zaini merupakan seorang profesional Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (BNI).

Zulkifli Zaini merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015, setelah mendapatkan persetujuan dari OJK melalui Fit and Proper Test, dan dilantik menjadi Komisaris BNI berdasarkan RUPS BNI pada tanggal 17 Maret 2015.

Sebelumnya, Zulkifli Zaini pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi menteri keuangan.

Pria kelahiran 1956 ini mengantongi gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980.

Lalu, ia meraih gelar master of business administration (MBA) bidang keuangan dari Universitas Washington, AS pada 1994. Ayah dua anak ini juga pernah bekerja di Wiratman and Associates pada 1980.

Zulkifli mengawali karier sebagai bankir mulai tahun 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank BUMN yang turut melebur menjadi Bank Mandiri.

Ia mengawali kariernya di dunia perbankan pada tahun 1988 dengan menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Di Bapindo, sosok yang suka olahraga golf dan traveling ini sempat menempati sederet posisi. Antara lain account officer, staff of banking and finance services, head of project finance, deputy branch manager, dan terakhir branch manager.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1713 seconds (0.1#10.140)