Radang Amandel, Ini Obat Alami untuk Mengatasinya

Senin, 04 November 2019 - 19:19 WIB
Radang Amandel, Ini Obat Alami untuk Mengatasinya
Teh hangat dipercaya menjadi obat alami untuk menyembuhkan radang amandel yang disebabkan virus dan terjadi akibat infeksi bakteri. Foto/medicalnews
A A A
JAKARTA - Tonsilitis atau radang amandel biasanya disebabkan oleh infeksi virus, juga dapat terjadi akibat infeksi bakteri. Bagaimana mengatasinya?

Radang amandel biasanya disebarkan oleh tetesan pernapasan melalui udara (batuk atau bersin) atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Kondisi ini menyebabkan peradangan atau infeksi yang menyakitkan.

Dilansir Times Now News, gejala radang amandel biasanya akan hilang setelah tiga sampai empat hari. Radang amandel bakteri dapat tetap menular selama sekitar dua minggu, sementara virus yang menyebabkan infeksi radang amandel dapat bertahan selama sekitar 7-10 hari.

Radang amandel umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada amandel. Sebagian besar kasus radang amandel disebabkan oleh infeksi virus dan dalam beberapa kasus, radang amandel bakteri disebabkan oleh streptococcus pyogenes.

Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan infeksi radang amandel, seperti virus parainfluenza, virus campak, virus herpes simpleks dan virus influenza.

Radang amandel dapat dicegah dengan mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik.

Untuk menghentikan infeksi ini atau untuk mencegahnya, Anda perlu sering mencuci tangan, terutama setelah bersentuhan dengan seseorang yang sakit tenggorokan karena radang amandel karena virus menular.

Berkumur bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Adapun obat alami yang dapat mengatasi radang amandel, seperti teh hangat dengan madu dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dapat terjadi akibat radang amandel akut, alat pelembab udara atau vaporiser kabut dingin membantu meredakan sakit tenggorokan, menghindari makanan dan minuman asam karena dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Selain itu, minum banyak cairan, biji fenugreek juga merupakan obat yang efektif untuk amandel yang meradang, jus lemon membantu mengurangi radang amandel hingga minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan penyakit ini.

Sedangkan, karena radang amandel menular, Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk membantu menghentikan penyebaran infeksi.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu diri merasa lebih baik selama tahap awal infeksi.

Diantaranya adalah berkumur dengan air asin hangat, minum cairan hangat untuk meredakan sakit tenggorokan, mencoba makan makanan lunak jika sakit untuk menelan serta gunakan pelembab ruangan di kamar.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9773 seconds (0.1#10.140)