Munhar, Stopper Baru PSM Makassar yang Bisa Jadi Libero

Sabtu, 09 Maret 2019 - 09:27 WIB
Munhar, Stopper Baru PSM Makassar yang Bisa Jadi Libero
MUNHAR. Musim ini PSM Makassar menggaet beberapa pemain anyar, termasuk Munhar, yang bisa bermain pada dua posisi bertahan, yakni sebagai stopper dan libero. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAKASSAR - Musim ini PSM Makassar menggaet beberapa pemain anyar, termasuk Munhar, yang bisa bermain pada dua posisi bertahan, yakni sebagai stopper dan libero.

Istilah libero mulai populer dalam dunia sepak bola sekira setengah abad silam. Namun di era modern seperti sekarang ini, posisi libero memang sudah tidak begitu banyak dikenal.

Libero atau sering disebut sweeper (SW) adalah posisi pemain belakang yang idealnya berada di antara dua center bek. Penggunaan libero mulai berkembang pada tahun 1960-an.

Di Indonesia, posisi ini juga memang sudah tak banyak digunakan. Namun, masih ada satu di antara beberapa pemain yang pernah merasakan bertugas di sektor ini.

Pemain berusia 32 tahun ini mengatakan, libero merupakan posisi awalnya di dunia sepakbola. Sejak mengenyam pendidikan di salah satu SSB di Surabaya, sektor tersebut kerap ditempatinya sesuai intruksi pelatih.

"Waktu itu masih di SSB Cahaya Muda, saya dilatih terus sama pelatih selama latihan. Makanya saya bisa memainkan posisi libero," cerita Munhar kepada SINDOnews.

Dari situ, lanjutnya, kemampuannya dalam mengisi posisi libero terasah. Sehingga saat bergabung bersama Persema Malang U-23 dan senior, sebagai tim profesional pertamanya, pemain kelahiran Sidoarjo, 5 November 1986 ini kerap ditempatkan di sektor tersebut.

"Di karir profesional, saya pernah main posisi libero di Persema. Saat itu, pelatih masih kerap menerapkan formasi 3-5-2, 5-3-2 dan 3-4-3," jelasnya.

Munhar menjelaskan, menempati posisi libero gampang-gampang mudah. Sebab selain menjaga jantung pertahanan tim, pemain yang memerankan sektor tersebut juga wajib memimpin seluruh pemain belakang.

"Jadi pemain berposisi libero itu harus mampu mengontrol. Karena dia lebih tahu semuanya antara bola dan lawan. Sehingga, rekan pemain belakang lainnya bisa dikomandoi," jelasnya.
Halaman :
12
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
artikel/ rendering in 0.1979 seconds (11.97#12.26)