Pulang, F-16 Fighting Falcon Disambut Semprotan Disinfektan

Sabtu, 21 Maret 2020 - 00:08 WIB
Pulang,  F-16 Fighting Falcon Disambut Semprotan Disinfektan
Penerbang tempur pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, tiba di rumahnya usai menjalankan Operasi Trisakti-20. Foto/Dok.Penerangan Lanud Iswahjudi
A A A
MADIUN - Tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, yang baru saja menjalankan operasi Trisakti-20, tiba di "rumahnya" hanggar Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Jumat (20/3/2020).

(Baca juga: Pasien Positif Corona di RSSA Membaik, 1 PDP Bisa Pulang )

Pesawat-pesawat tempur canggih TNI AU ini, selama menjalankan misi operasi Trisakti-20, bertugas melakukan pengamanan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) III di wilayah Provinsi Kepulauan Maluku.

Kembalinya F-16 Fighting Falcon, yang dipimpin Komandan Skadron Udara 3, Letkol Pnb. Agus Dwi Arianto ini, disambut langsung oleh Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, bersama Danwing 3 Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb. M. Satrio Utomo.

Pulang, F-16 Fighting Falcon Disambut Semprotan Disinfektan


Ada yang berbeda dalam penyambutan kali ini, setibanya di shelter Skadron Udara 3, satu tim dari RSAU Dr. Efram Harsana, Lanud Iswahjudi, sudah siap dengan peralatannya untuk mensterilkan seluruh kru pesawat dan pesawat dengan disinfektan.

"Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terkait merebaknya virus Covid-19. Seluruh penerbang dan kru pesawat yang baru saja kembali dari misi operasi di Ambon ini, diwajibkan menjalani prosedur sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang sangat membahayakan," tegas marsekal bintang satu yang akrab disapa Iko.

(Baca juga: Pasukan Yonkes 2 Divif 2 Kostrad Siagakan Tenda Isolasi Corona )

Operasi Trisakti-20 dalam melaksanakan Pengamanan ALKI III ini, telah berlangsung sejak tanggal 9 Maret 2020 dengan pangkalan aju di Lanud Patimura, Ambon.

Meskipun saat ini seluruh dunia dihebohkan dengan penyebaran virus Corona, namun menurut Iko tugas-tugas operasi udara dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI tetap dilaksanakan, sesuai dengan komitmen Panglima TNI "Kami Bekerja di Sini untuk Anda, Anda Tetap di Rumah untuk Kita Semua".
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8968 seconds (0.1#10.140)