Penuh Optimisme, New Toyota Agya Mengaspal di Jatim

Kamis, 19 Maret 2020 - 16:23 WIB
Penuh Optimisme, New Toyota Agya Mengaspal di Jatim
New Toyota Agya dipajang di showroom Auto 2000 Jalan Kertajaya Indah Timur, Kota Surabaya. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Toyota Agya. Penyegaran terhadap model low cost green car (LCGC) 5 seater ini, diharapkan mampu meningkatkan penguasaan pasar Toyota, khususnya di segmen mobil murah dan ramah lingkungan.

General Manager Area Jatim Auto 2000, diler Toyota, Judianto mengatakan, selama 2019 lalu, penjualan mode Agya di Jatim mencapai 228 unit perbulan. Dari jumlah itu, mayoritas penjualan di luar Surabaya.

Di Surabaya sendiri penjualan rata-rata sebanyak 54 unit. Sisanya, sekitar 160an unit terjual di wilayah sekitaran Kota Pahlawan. "Secara umum, pasar LCGC di Jatim sebanyak 1.224 unit," katanya disela peluncuran New Toyota Agya di salah satu showroom Auto 2000 di Surabaya, Kamis (19/3/2020).

Di tahun 2020 ini, lanjut dia, dengan hadirnya New Toyota Agya, pihaknya menargetkan penjualan bisa tumbuh diangka 10 persen hingga 15 persen. Artinya, rata-rata penjualan bisa naik diangka 275 unit perbulan.

Namun begitu, Auto 2000 akan bekerja keras untuk mencapai target penjualan. Pasalnya, tahun ini pasar otomotif, khususnya disegmen LCGC diprediksi turun hingga 10 persen. "Salah satunya diakibatkan wabah virus corona," ujar Judianto.

Untuk itu, pihaknya akan mengoptimalkan kerjasama dengan lembaga pembiayaan. Ini mengingat hampir 60 persen konsumen di Auto 2000 pembeliannya dengan cara kredit. Sisanya, 40 persen membeli secara tunai.

Rata-rata konsumen yang membeli secara tunai, adalah masyarakat berbasis pertanian. Dimana ketika masa panen, petani akan membeli kendaraan secara tunai. "Kami juga akan tawarkan mobil ini (New Toyota Agya) ke instansi-instansi," terangnya.

Terkait segmentasi pasar, New Toyota Agya membidik kalangan muda dengan rentang usia antara 18 tahun hingga 20 tahun. Kemudian karyawan dan juga orang tua yang membelikan kendaraan untuk anaknya. "Untuk harga, jika dibanding dengan tipe sebelumnya, ada selisih mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5,6 juta," pungkas Judianto.

Di New Toyota Agya ini dilakukan sejumlah perubahan. Perubahan eksterior terlihat dari bumper depan baru dan desain grille yang dilengkapi dengan black chrome element, lampu depan (headlamp) elegan dilengkapi dengan LED Guide New Black Paint.

Mobil yang ditujukan untuk pengendara muda dan new entry ini juga memiliki New Sporty Alloy Wheel Design, New Retractable Side Mirror, New Impressive Design Rear Lamp, hingga New Side Body Moulding untuk varian 1.2 G.

Pada bagian interior, Agya mendapat sentuhan dengan menghadirkan kenyamanan lebih baik dengan pengaplikasian advance features yang berkelas seperti New Engine Start Stop Button dan New Touch Screen Head Unit pada varian 1.2 TRD S.

Sementara untuk varian 1.0 E dan 1.0 G, mendapatkan penyegaran fitur seperti New AC Knob Design dan New Audio 2DIN yang melengkapi penggunaan New Seat Cover, New Door Trim Design, dan New Combination Meter with Red Accent pada seluruh varian New Agya.

New Agya tampil dengan berbagai pilihan warna, dimana warna Silver Metallic dan Yellow mengalami refreshment, serta hadir dengan pilihan warna baru yaitu Orange Metallic. Toyota New Agya 2020 dibanderol mulai dari Rp148 juta hingga Rp174 juta.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4865 seconds (0.1#10.140)