Datang dari China Diperiksa di Juanda, Mahasiswi asal Malang Dipulangkan

loading...
Datang dari China Diperiksa di Juanda, Mahasiswi asal Malang Dipulangkan
Petugas Kesehatan Bandara Juanda mengamankan seorang mahasiswi asal Malang, Jawa Timur ke ruang isolasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Juanda karena diketahui telah melakukan perjalanan dari China.Foto iNews TV/Pramono P
SIDOARJO - Petugas Kesehatan Bandara Juanda Surabaya mengamankan seorang mahasiswi asal Malang, Jawa Timur ke ruang isolasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Surabaya di Bandara Juanda karena diketahui telah melakukan perjalanan dari China, Jumat (13/3/2020).

Upaya pengawasan penumpang asing ini dilakukan pasca-meningkatnya WNI yang terjangkiti virus Corona.

“Seluruh penumpang internasional tanpa kecuali diperiksa suhu tubuhnya sejak keluar dari pintu pesawat yang merapat di apron bandara meski penumpang internasional yang baru datang ini wajib menyerahkan data melalui surat kewaspadaan kesehatan yang dibagi di dalam pesawat. Namun pemeriksaan di Bandara Juanda tetap dilakukan dua tahap,” kata Kepala KKP Kelas 1 Surabaya dr Budi Hidayat.

Setelah menjalani pemeriksaan dan diisolasi di Ruang Isolasi Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, seorang mahasiswi tersebut dipulangkan ke Malang dengan tetap dilakukan pemantauan dari pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Surabaya.



Kepala KKP Kelas 1 Surabaya, Dr.Budi Hidayat, yang bersangkutan dikategorikan sebagai ODR (Orang Dalam Risiko) karena berasal dari daerah terjangkit. Meski datang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda dalam kondisi sehat, namun pihaknya tetap memeriksa dan wawancara di Ruang Isolasj sesuai dengan aturan atau SOP yang dikeluarkan oleh pihak Kementrian Kesehatan.

“Setelah kita periksa dan kita data, Mahasiswi itu sudah kita pulangkan dengan tetap dilakukan pemantauan melalui Dinas Kesehatan setempat,” tegas Dr.Budi Hidayat.

Sementara itu, untuk pengawasan dan pemantauan Penumpang di Bandara Juanda Surabaya, pihak KKP memberikan pengawasan ekstra dengan memeriksa seluruh penumpang Internasional saat keluar dari pintu pesawat melalui alat Thermo Scanmer Gun yang dilakukan oleh petugas KKP.



Sedangkan untuk penumpang domestik, KKP melakukan pengawasan dan pemantauan melalui alat thermo scanner yang dipasang di terminal kedatangan domestik, baik di Terminal 1 maupun Termimal 2 Bandara Juanda
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top