Lawan Covid-19, Dubes China: Indonesia dan China Bangun Kerjasama

loading...
Lawan Covid-19, Dubes China: Indonesia dan China Bangun Kerjasama
Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian. Foto/Dok. KSP
A+ A-
JAKARTA - Perang terhadap penyebaran virus Corona jenis baru, Covid-19, terus dilakukan banyak negara. Indonesia juga membangun kerjasama dengan China, untuk mengatasi persoalan virus mematikan ini.

Adanya kerjasama ini ditegaskan Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian. Menurutnya, kebijakan luar negeri pemerintah Indonesia, mendorong kerja sama bersahabat dengan China. Persahabatan antara kedua rakyat itu tercermin dengan baik dalam memerangi virus Corona, Covid-19.

Setelah wabah Covid-19, Kedutaan Besar (Kedubes) China di Indonesia segera memberi informasi pada pemerintah RI tentang langkah pencegahan dan kontrol oleh China melalui saluran diplomatik dan terus melaporkan perkembangan terbaru wabah itu.



Pada saat yang sama, Kedubes China terus membagikan informasi pada masyarakat Indonesia melalui konferensi pers, penjelasan pakar sehingga memperkuat keyakinan Indonesia dalam kerja sama persahabatan dengan China.

"Membagi informasi dengan sangat transparan, tepat waktu dan efektif telah mendorong pemahaman masyarakat Indonesia tentang langkah pencegahan dan kontrol wabah China," ungkap Xiao pada kantor berita Xinhua.

Dia juga menjelaskan, media utama di Indonesia telah bicara dengan sangat komprehensif, giat dan efektif oleh pemerintah China dan mengakui kerja sama antara kedua negara dalam memerangi wabah itu.



Sejak wabah muncul, warga di Indonesia menunjukkan dukungan pada China melalui berbagai bentuk, seperti donasi, surat duka cita dan video berisi doa serta harapan.

"Wabah itu mengakibatkan hubungan bilateral menjadi tidak nyaman dan beberapa proyek ekonomi serta perdagangan dan kerja sama pariwisata juga mendapat tekanan, tapi pondasi dan hubungan bilateral jangka panjang tidak akan terpengaruh," papar Xiao.

Menurut dia, selama berbagai langkah dilakukan dengan baik, kuat dan efektif, hubungan dan rasa saling percaya akan meningkat.

Dia berharap kedua negara dapat meningkatkan rasa saling memahami, percaya dan bersahabat dalam melawan wabah Covid-19, serta memperluas kerja sama dalam hubungan bilateral, regional dan internasional.

Kedubes juga memberikan layanan untuk perusahaan asal China, warga China di luar negeri dan para pelajar di Indonesia, serta mengumpulkan persediaan medis untuk sejumlah provinsi di China.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top