7 Ruko di Jember Roboh Diterjang Arus Sungai, Jalan Raya Terbelah

Senin, 02 Maret 2020 - 09:48 WIB
7 Ruko di Jember Roboh Diterjang Arus Sungai, Jalan Raya Terbelah
Kondisi pascabangunan ruko roboh di Jalan Sultan Agung. Tampak sebagain jalan juga ambles dan menimbulkan keretakan.Foto/Bambang Sugiarto
A A A
JEMBER - Sedikitnya tujuh bangunan ruko yang berada di atas bantaran Sungai Kali Jompo di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendadak roboh, Senin (2/3/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. Peristiwa ini terjadi saat banjir menerjang kawasan tersebut.

Pantauan iNews di lokasi kejadian, selain ruko roboh, tampak pula sebagian Jalan Sultan Agung di bagian depan pertokoan retak dan terbelah dua sepanjang 50 meter. Kerumunan warga sejak pagi pun berdatangan untuk melihat kondisi terkini musibah tersebut.

“Kejadian pagi-pagi sekali, masih subuh. Hujannya gede dan bangunan rukonya tiba-tiba roboh. Jalan di depannya juga ambles,” ujar Edy Kurniadi, warga setempat, Senin (2/3/2020).

Dugaan sementara penyebab bangunan roboh ini akibat beton penyangga tidak kuat menahan derasnya arus Sungai Kali Jompo. Sebab, bangunan tampak berdiri persis di atas bantaran sungai.

Informasi di lapangan, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sebelumnya para penghuni ruko memang telah diminta untuk tak menempati bangunan akibat adanya keretakan.

“Ini akibat tak kunjungnya diperbaiki. Sudah lama jalan ini retak. Akhirnya hari ini kejadian, jalanan ambles dan ada tujuh bangunan ruko yang roboh. Untung tak ada korban,” kata Anasrul, warga di TKP.

Saat ini, lokasi jalanan ambles dan ruko roboh tersebut telah dipasangkan garis polisi. Petugas gabungan TNI dan Polri juga tampak mengamankan lokasi karena banyak warga yang penasaran terus berdatangan ke TKP.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0531 seconds (0.1#10.140)