Mahathir Ungkapkan Raja Tidak Mau Bertemu Dirinya Lagi

Minggu, 01 Maret 2020 - 17:10 WIB
Mahathir Ungkapkan Raja Tidak Mau Bertemu Dirinya Lagi
Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad gagal bertemu dengan Raja untuk menyatakan bahwa Muhyiddin Yassin tidak memiliki dukungan mayoritas di parlemen. Foto/Mashviral.com
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan perdana menteri Mahathir Mohamad mengungkapkan bahwa Raja Malaysia telah memutuskan untuk tidak menemuinya lagi.

Mahathir mengatakan, Pakatan Harapan (PH) sekarang akan meminta parlemen melakukan pertemuan mendesak.

Berbicara kepada wartawan, Mahathir mengatakan, dia tidak memiliki kesempatan untuk memberi tahu Raja bahwa Muhyiddin tidak memiliki dukungan mayoritas yang diperlukan untuk menjadi seorang perdana menteri.

“Itulah situasinya sekarang. Saya tidak bisa berkomunikasi dengan istana,” kata dia seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Minggu (1/3/2020).

Mahathir menegaskan, Pakatan Harapan memiliki kursi mayoritas dengan 114 anggota parlemen yang mendukungnya. "Namun tampaknya itu diabaikan," cetus Mahathir.

Mengenai dugaan klaim Muhyiddin bahwa dia mendapat dukungan penuh dari anggota parlemen PPBM, Mahathir membantah hal ini dengan mengatakan bahwa enam anggota parlemen, termasuk dirinya dan putranya Mukhriz, tidak mendukung Muhyiddin yang adalah presiden partai.

Dia mengatakan, hukum menetapkan bahwa Raja dapat menunjuk seseorang yang dia percaya mendapat dukungan mayoritas sebagai perdana menteri. Namun, jika perdana menteri ditolak di Parlemen, maka dia tidak dapat memegang jabatan itu karena ini sesuai hukum.

“Tetapi ternyata, kita akan melihat seorang pria yang tidak memiliki dukungan mayoritas menjadi perdana menteri," ucap Mahathir.

“Ini adalah hal yang aneh karena hasil pemilihan umum ke-14 harus melihat pemenang membentuk pemerintah," pungkas Mahathir.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9354 seconds (0.1#10.140)