Ultah Megawati Dirayakan dengan Menghijaukan Blitar Selatan

Minggu, 02 Februari 2020 - 17:21 WIB
Ultah Megawati Dirayakan dengan Menghijaukan Blitar Selatan
Bupati Blitar, Rijanto; Wakil Bupati Blitar, Marheinis Urip Widodo; dan Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi melakukan penghijauan di wilayah Blitar selatan. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Hari ulang tahun ke-73 Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri dirayakan dengan menanam seribu pohon di wilayah selatan Kabupaten Blitar.

Aksi penghijauan yang dimulai Minggu (2/2/2020) salah satunya berlangsung di kawasan hutan Perhutani di Dusun Kalidahu, Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto.

Menurut Bupati Blitar, Rijanto, selain merayakan hari lahir Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarno Putri, penanaman seribu pohon juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-47 PDIP.

"Semoga ibu Mega (Megawati Soekarno Putri) diberi panjang umur, kesehatan dan terus bersemangat mengawal kita semua dalam memperjuangkan masyarakat," ujar Rijanto, Minggu (2/2/2020).

Lokasi penghijauan berada di area berkontur perbukitan yang jarang pepohonannya, karena sebagian besar telah berubah menjadi ladang jagung.

Penanaman massal ini kata Rijanto diharapkan mampu mengatasi persoalan bencana alam yang terjadi setiap musim kemarau maupun penghujan.

Pohon yang nanti tumbuh besar diharapkan bisa mengatasi krisis air bersih yang terjadi setiap kemarau panjang. Begitu juga saat penghujan, mampu mencegah ancaman longsor dan banjir bandang.

"Apalagi sudetan Kali Bogel (Sutojayan) yang diresmikan Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) tahun 2020 ini targetnya selesai. Insya Allah tidak ada banjir lagi," kata Rijanto.

Marheinis Urip Widodo, Ketua DPC PDIP yang sekaligus Wakil Bupati Blitar menambahkan, di Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto, luas lahan yang ditanami mencapai setengah hektar.

Sebanyak 500 pohon ditanam yang prosesnya dilakukan gotong royong dengan melibatkan beragam komunitas masyarakat. Dari Wonotirto penghijauan akan meluas ke wilayah Kecamatan Sutojayan, Bakung dan Wates.

Total keseluruhan pohon yang disiapkan sebanyak 32 ribu batang untuk lahan seluas 52 hektar. "Ada empat kecamatan di Kabupaten Blitar yang menjadi area penghijauan ini. Total luasnya 52 hektar," tambah Marheinis.

Dalam acara penanaman pohon itu hadir Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi dan Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari.

Kemudian Plt Wali Kota Blitar, Santoso; Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso; Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Sahrul Alim, dan sejumlah pengurus partai dari Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya.

Menurut Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi kegiatan penanaman pohon ini berikhwal dari rasa keprihatinan Megawati yang disampaikan dalam Rakernas lalu.

Mega, kata Kusnadi prihatin melihat terjadinya problem alamiah, yakni kekeringan, banjir bandang, dan tanah longsor di setiap pergantian musim. Korban jiwa dan harta akibat bencana yang timbul juga tidak sedikit.

"Karenanya beliau (Megawati Soekarno Putri) dalam rakernas memerintahkan, mengajak kita semua menanam sejuta pohon (nasional). Bahkan kalau bisa lebih," terangnya.

Sampai saat ini penanaman massal di Jatim, kata Kusnadi melibatkan lebih dari 150 ribu pohon dengan luasan lebih dari 200 ribu hektar.

Aksi penghijauan itu tidak hanya di lahan perhutani. Namun juga berlangsung di area kampung dan lahan sekitar perumahan rakyat. "Kami melakukan secara gotong royong, karena partai yang memiliki keterbatasan," kata Kusnadi.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9611 seconds (0.1#10.140)