Jika Ada Bencana, Polresta Sidoarjo Siap Tampung Pengungsi

Selasa, 07 Januari 2020 - 13:08 WIB
Jika Ada Bencana, Polresta Sidoarjo Siap Tampung Pengungsi
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, mengecek kesiapan anggotanya untuk siaga bencana alam. Foto/inews TV/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Kondisi cuaca buruk yang berpotensi memicu terjadinya bencana alam, disikapi Polresta Sidoarjo dengan melakukan kesiap siagaan penanggulangan bencana alam.

Bahkan, Korps Bhayangkara ini telah menyiapkan lokasi penampungan bagi pengungsi jika terjadi bencana alam, yakni di Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Pendirian lokasi penampungan bencana ini, sengaja dilakukan sebagai upaya tanggap darurat atas kejadian bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Selain terdapat tempat penampungan warga bila terjadi bencana, di dalam posko penampungan bencana ini juga disediakan dapur umum, posko kesehatan Polresta Sidoarjo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, posko trauma healing, kendaraan SAR beserta perlengkapannya, ambulance, personel tim SAR dari Basarnas, Polresta Sidoarjo, personel TNI, BPBD, Satpol PP, PLN, PMK, Linmas, dan juga para relawan.

Keberadaan lokasi penampungan tanggap bencana sengaja didirikan di kawasan Desa Candipari, karena di wilayah tersebut merupakan daerah rawan terdampak bencana. Selain Candipari, juga ada Desa Pesawahan, dan Desa Wunut, di sekitar lokasi yang rawan banjir maupun terkena dampak angin kencang.

"Kami bersama instansi terkait, baik dari TNI, BPBD, Basarnas, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PMK, Linmas, dan para relawan mempersiapkan lebih awal. Melalui sinergitas ini sebagai wujud kesiapsiagaan dan kebersamaan dalam tanggap bencana bila sewaktu-waktu terjadi di wilayah kita," jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Sementara Bupati Sidoarjo, Saifulillah mengatakan, Pemkab Sidoarjo melalui dinas terkait menyatakan kesiapannya untuk mendukung program penanganan bencana yang dibentuk Polresta Sidoarjo.

"Bencana alam dapat terjadi kapan pun. Karenanya kami bersama-sama melakukan berbagai persiapan penanganan bencana, dan hari ini kami cek kesiapannya dari lokasi penampungan, dapur umum, peralatan penanganan bencana, hingga posko kesehatannya," kata Saifulillah.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9212 seconds (0.1#10.140)