Hal yang Perlu Diperhatikan pada Mobil Setelah Perjalanan Jauh

loading...
Hal yang Perlu Diperhatikan pada Mobil Setelah Perjalanan Jauh
ilustrasi
JAKARTA - Saat libur Natal dan Tahun Baru, masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan aktivitas mudik. Ada juga yang memanfaatkan libur dengan rekreasi. Sama seperti saat Lebaran tiba.

Berbagai moda transportasi dipilih, termasuk mengendarai kendaraan sendiri menuju kampung halaman. Perjalanan yang ditempuh biasanya tidak dekat, bahkan relatif jauh.

Untuk itu, Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), menyarankan sebelum berkendara jarak jauh, pemilik kendaraan harus memerhatikan sejumlah fungsi pada kendaraan terlebih dahulu.

Misalnya, periksa eksterior dan interior kendaraan. Seperti kekenduran spion dan fitur-fitur di dalam mobil apakah berfungsi atau tidak.



Kemudian, periksa juga seluruh lampu di kendaraan. Seperti lampu depan, lampu hazard, lampu mundur, dan lampu rem.

"Kondisi mesin perlu diperiksa, khawatir misalnya ada selang yang copot. Minyak rem dan air radiator juga harus diperhatikan," jelas Didi, saat dihubungi, Selasa (24/12/2019).

Lebih lanjut, yang tidak kalah penting adalah memeriksa ketipisan dan tekanan ban, termasuk ban serep. Tekanan ban harus sesuai standar pabrikan, tidak boleh kurang atau berlebih.



"Ban serep itu penting. Sebab, orang sering lupa memeriksa ban serep, pas mau dipake tau-tau kempis. Kekencangan mur roda juga penting," tuturnya.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top