Dream Tour dan Batik Air Terbangkan Umroh Perdana Makassar-Jeddah

Jum'at, 27 Desember 2019 - 22:14 WIB
Dream Tour dan Batik Air Terbangkan Umroh Perdana Makassar-Jeddah
Direktur Dream Tour Muhammad Umar Bakadam (kiri) dan Kepala Bidang Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel H Kaswad Sartono. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Dream Tour Haji Umrah Holiday (Kanomas Group) bekerja sama maskapai Batik Air memberangkatkan ratusan jamaah umroh secara perdana langsung dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan langsung ke Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi.

"Sulawesi Selatan memiliki potensi jamaah yang cukup besar sehingga peluang ini dimanfaatkan," kata Direktur Dream Tour, Muhammad Umar Bakadam sesaat pelepasan jamaah di bandara setempat, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dia menjelaskan, untuk jamaah umroh yang diberangkatkan langsung sebanyak ada 300-an orang bersama travel lain yang diikutkan. Sebab masih pertama keterisian kursi di kelas bisnis masih ada kosong sekitar 50-an orang.

"Tapi untuk penerbangan selanjutnya, semua mulai terisi. Okupansi, kami baru satu minggu satu kali, per Februari 2020 satu minggu dua kali. Kami akan terbang lagi tanggal 28 dan itu sudah full sit (keterisian penuh)," kata dia.

Sedangkan pesawat yang digunakan mengangkut jamaah yakni Airbus A330-300, dan setiap flightnya memiliki kapasitas 390 kursi penumpang termasuk kelas bisnis.

Selain itu, melihat potensi permintaan penerbangan jamaah langsung ke tanah Suci di Sulsel cukup bagus, lanjutnya, rencananya pada Oktober 2020 akan ditambah penerbangan setiap hari kecuali hari Jumat.

"Saya pengen kalau melihat potensi bagus, Oktober tahun depan, akan bikin (penerbangan) setiap hari, kecuali hari Jumat. Jadi ada enam hari setiap hari kita berangkatkan di luar eksta flight," kata dia.

Untuk harga khusus tiket pesawat diluar penginapan dan lainnya, kata dia, sebesar Rp13,9 juta. Umar menyebut Makassar memiliki potensi yang sangat bagus. Dan menyakini ke depan pasti akan bertambah.

"Kami mesti siapkan armada terus untuk tetap memberangkatkan jamaah Sulsel. Untuk masa liburan akhir tahun kami ada kenaikan hingga Rp500.000," kata dia.

Sedangkan untuk target ke depan setelah penerbangan perdana mengunakan Batik Air, lanjut dia, ditargetkan antara 15.000-20.000 jamaah per bulan dari Makassar ke Jeddah khusus untuk batik.

"Saya juga kerja sama Lion Air. Satu minggu itu lima kali, ditambah Batik satu minggu dua kali jadi ada tujuh flight," kata dia.

Saat disinggung soal apakah ada pengaruh penumpang di masa liburan akhir Desember, dia mengatakan, untuk jumlah jamaah tetap konsisten tidak ada penurunan secara signifikan.

"Dulu kalau Desember tidak terlalu banyak, tapi sekarang tidak berpengaruh, dan setiap bulannya rata, di masa liburan tetap naik. Bila dihitung dari tahun lalu ada kenaikan hingga 20%," jelas dia.

Mengenai dengan adanya kenaikan tarif apakah tidak terpengaruh, Umar mengatakan, tetap ada pengaruh. Namun bagi jamaah tidak menjadi soal, sebab mereka menganggap umroh salah satu kewajiban ibadah.

"Biar mahal, ada kenaikan, orang tetap mendaftar. Apalagi sudah ada penerbangan langsung ke Jeddah. Nanti kami bikin selanjutnya Makassar langsung Madinah. Di Makassar, orang sini rata-rata senang paket 12 hari," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel H Kaswad Sartono memberikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara umroh Dream Tour. Juga kepada maskapai Batik Air yang menerbangkan jamaah langsung ke Jeddah tanpa harus transit.

"Kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Batik Air dan Dream Tour penerbangan langsung Makassar-Jeddah. Tentu ini akan memperbaiki kualitas agar jamaah tidak terlantar dan tidak kecapean selama menjalani ibadah di tanah suci," kata dia.

Hadir dalam acara penerbangan perdana tersebut, Pimpinan Cabang PT Kanomas, Arci Wisata Cabang Makassar Diki Yulianto, perwakilan angkasa Pura, dan pihak Batik Air.

Sebelumnya, Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam bersama Direktur Niaga Batik Air Achmad Hasan melaksanakan penandatangan kerja sama Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat 8 November 2019, sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi jamaah haji dan umroh.

Selain Makassar, Dream Tour dan Batik Air juga menawarkan penerbangan langsung di beberapa kota lainnya seperti di Bnadara Banda Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, dan Balikpapan untuk penerbangan langsung ke Jeddah maupun Madinah, Arab Saudi.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0339 seconds (0.1#10.140)