Fiberisasi Jaringan XL Axiata Jangkau Kawasan Wisata Jatim

Selasa, 17 Desember 2019 - 18:05 WIB
Fiberisasi Jaringan XL Axiata Jangkau Kawasan Wisata Jatim
PT XL Axiata Tbk East Region, melakukan fiberisasi jaringan guna mendukung pengembangan industri pariwisata di Jatim. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - PT XL Axiata Tbk East Region melakukan fiberisasi jaringan diberbagai wilayah yang ada di Jatim, guna mendukung pengembangan industri pariwisata di Jatim.

Langkah strategis ini juga searah dengan upaya memaksimalkan kualitas layanan data. Ini mengingat trafik penggunaan layanan data pelanggan di provinsi ini terus meningkat.

Dengan fiberisasi, maka kapasitas jaringan data XL Axiata bisa diperbesar. Sehingga akan bisa menopang kebutuhan pelanggan perorangan dan dunia usaha. Termasuk untuk mendukung pengembangan industri wisata dan ekosistemnya.

Apalagi, di sepanjang tahun Jatim menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf nasional dan internasional, yang membutuhkan dukungan infrastruktur layanan data yang memadai.

"Rencana pembangunan yang berbasis pariwisata di Jatim cukup besar dan ekspansif. Beberapa agenda besar juga sudah ditetapkan oleh beberapa pemerintah daerah," kata Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit, Selasa (17/12/2019).

Untuk itu, lanjut dia, sebagai operator tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi nyata dengan menyediakan jaringan terbaik. Bagi XL Axiata, pengembangan industri pariwisata tersebut juga akan membuka peluang secara bisnis. Sehingga pihaknya sangat antusias untuk meningkatkan kualitas jaringan antara lain dengan fiberisasi.

"Proses fiberisasi telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jatim. Tidak lama lagi seluruh jaringan XL Axiata di wilayah ini akan terfiberisasi, termasuk Surabaya sebagai kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jatim," terangnya.

Menurutnya, pembangunan jaringan layanan data di Jatim juga disesuaikan dengan arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah setempat. Fiberisasi ini juga perlu dilakukan XL Axiata karena pertumbuhan trafik data yang cukup tinggi di seluruh Jatim. Untuk tingkat kota/kabupaten yang ada di Jatim, sudah hampir seluruh jaringan data yang ada telah dilakukan fiberisasi.

Termasuk daerah tujuan wisata utama seperti Surabaya, Telaga Sarangan di Magetan, Gunung Bromo di Probolinggo, Jatim Park di Kota Batu. Kemudian pantai-pantai serta Gunung Ijen di Banyuwangi.

"Dalam setahun terakhir, trafik data di seluruh Jatim meningkat sekitar 60 persen. Jumlah pelanggan data juga terus meningkat, dan saat ini mencapai sekitar 82 persen dari total pelanggan di provinsi ini," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2810 seconds (0.1#10.140)