Akhirnya India Temukan Pesawat Antariksa Vikram di Bulan

Sabtu, 14 September 2019 - 09:03 WIB
Akhirnya India Temukan Pesawat Antariksa Vikram di Bulan
Akhirnya India berhasil menemukan pesawat antariksa India Vikram yang hilang sepekan yang lalu sesaat sebelum melakukan pendaratan lunak atau soft landing bersejarah di bulan. Foto/iNews.id
A A A
NEW DELHI - Setelah dinyatakan lenyap karena kehilangan kontak, akhirnya pakar antariksa India berhasil menemukan pesawat antariksa India Vikram.

Sepekan yang lalu Vikram lenyap dan hilang kontak sesaat sebelum melakukan pendaratan lunak atau “soft landing” bersejarah di bulan.

Seperti dilansir dari AFP Wahana yang dinamai Vikram – dari nama pendiri program antariksa India – seharusnya mendarat di Bulan pada Sabtu (7/9/2019) dini hari. Namun kehilangan kontak saat dalam posisi 2,1 kilometer di atas permukaan.

Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) mengunggah serangkaian cuitan untuk membarui informasi misi Chandrayaan-2 (“Kendaraan Bulan 2), yang diluncurkan pada Juli. Dengan misi itu, India berharap bisa menjadi negara keempat yang sukses melakukan pendaratan di Bulan.

“#VikramLander sudah ditemukan oleh pengorbit #Chandrayaan2, namun belum ada komunikasi. Semua upaya yang dimungkinkan sedang dilakukan untuk membuka komunikasi dengan perangkat pendarat itu,” kata ISRO.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi, yang berada di Rusia untuk KTT Forum Ekonomi Timur dan KTT Tahunan India-Rusia, datang ke Bengaluru untuk menyaksikan acara bersejarah dari Jaringan Telemetri, Jaringan Pelacakan dan Komando Organisasi Penelitian Antariksa India.

Setelah kejadian itu, Modi menulis Twitter bahwa para ilmuwan telah memberikan yang terbaik. Modi menyatakan, para ilmuwan telah membuat India bangga.

"Kami tetap berharap dan akan terus bekerja keras pada program luar angkasa kami," ujar dia.

Chandrayaan-2, dengan semua muatannya yang dibuat di dalam negeri, memulai misinya menuju Bulan pada 22 Juli dari stasiun antariksa ISRO di pantai laut timur Sriharikota di Andhra Pradesh.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4848 seconds (0.1#10.140)