Data Mengejutkan, 2,1 Juta ASN Belum Sarjana S1

loading...
Data Mengejutkan, 2,1 Juta ASN Belum Sarjana S1
Ternyata terungkap data mengejutkan mengenai tingkat pendidikan para pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN), sebanyak 2,1 juta lebih ASN bukan lulusan sarjana (strata 1). Foto/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Ternyata terungkap data mengejutkan mengenai tingkat pendidikan para pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN), sebanyak 2,1 juta lebih ASN bukan lulusan sarjana (strata 1).

Ada pun, jumlah total ASN saat ini adalah sekitar 4,3 juta orang. Pemerintah pun terus berupaya meningkatkan kualitas para abdi negara tersebut melalui program kerja sama double degree dengan sejumlah universitas di dalam dan luar negeri.

“Sarjananya baru 50%. Separuhnya belum sarjana,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin di Hotel Westin, Rabu (21/8/2019).

Menurut Syafruddin, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan SDM ASN yang ada. Salah satunya dengan menginisiasi kerja sama double degree di 2 universitas dalam negeri dan 2 universitas luar negeri. “Ini yang mau difasilitasi. Yang belum sarjana kami jadikan sarjana. Yang S-1 kami jadikan S-2,” kata dia.



Kerja sama tersebut dilakukan 4 universitas dalam dan luar negeri, yakni Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, University of Melbourne Australia, dan Victoria University of Wellington Selandia Baru.

"Para ASN yang mengikuti double degree disiapkan sebagai reform agent yang paham isu dan masalah internal serta dikolaborasikan dengan konsep dan perkembangan paradigma reformasi birokrasi yang berkembang di dunia," ungkap Menteri PAN-RB Syafruddin.

Dia mengatakan, para ASN dari seluruh instansi pemerintah akan diseleksi dan direkrut untuk menjalani pendidikan di berbagai bidang. Bidang yang akan dipelajari adalah administrasi pemerintahan, kebijakan publik, e-government, reformasi sektor publik, dan ekonomi.



“Peserta didik yang terpilih akan menjalani pendidikan selama satu tahun di Universitas Indonesia atau Universitas Hasanuddin. Setelah dinyatakan lulus, mereka akan mengenyam pendidikan di University of Melbourne atau Victoria University of Wellington,” kata dia.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top