Gus Ipul Apresiasi Gerak Cepat Tokoh dan Aparat di Insiden Papua

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:57 WIB
Gus Ipul Apresiasi Gerak Cepat Tokoh dan Aparat di Insiden Papua
Ketua PBNU Saifullah Yusuf memberikan apresiasi langkah cepat dalam penanganan gejolak di Papua. Foto/Dok.SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Ketua PBNU Saifullah Yusuf mengapresiasi upaya para tokoh masyarakat dan tokoh pemerintahan yang dengan cepat mengambil inisiatif meredakan gejolak di Papua.

"Kita bersyukur pada pejabat daerah dan tokoh masyarakat yang telah cepat bertindak dan mengambil langkah konstruktif dalam rangka menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat gejolak yang terjadi di Papua," kata Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, permintaan maaf para kepala daerah dan imbauan Gubernur Papua agar masyarakat tetap tenang, mempercepat meredakan gejolak yang timbul akibat insiden antara warga dan mahasiswa Papua, di Surabaya, dan Malang.

Aparat keamanan juga dinilai cukup cepat dalam melokalisir kericuhan. Sehingga aksi massa tidak sampai menimbulkan kerusakan yang lebih jauh lagi.

"Insiden Papua, merupakan bentuk kesalahpahaman antar anak bangsa yang tidak perlu diperpanjang lagi. Kesalahpahaman harus segera disudahi sehingga persatuan bangsa tetap terjaga," ujarnya.

Terkait insiden kesalahpahaman antara mahasiswa Papua, dan masyarakat di Surabaya, dan Malang, Gus Ipul juga berharap aparat keamanan segera mengusut tuntas.

Mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode ini juga meminta semua pihak bisa menahan diri, dan menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada aparat penegak hukum.

"Saya mengajak agar semua pihak menahan diri, dan menyerahkan sepenuhnya pada penegak hukum. Yang salah diproses sehingga tidak terjadi lagi insiden seperti ini," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.7530 seconds (0.1#10.140)