Sawunggaling Anak Dunia Jadi Pendar Kesenian Surabaya

Minggu, 18 Agustus 2019 - 15:59 WIB
Sawunggaling Anak Dunia Jadi Pendar Kesenian Surabaya
Pertunjukan Sawunggaling Anak Dunia menjadi tontonan menarik bagi warga Surabaya di akhir pekan.Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Pertunjukan kesenian bertajuk “Sawunggaling Anak Dunia” menjadi pesona baru wajah Surabaya. Pertunjukan seni yang melibatkan 540 peserta ini berlangsung di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (18/8/2019)

Pertunjukan kesenian produksi Rumah Kreatif menjadi hiburan akhir pekan yang menyejukkan di Kota Pahlawan. Rumah Kreatif sendiri merupakan rumah pelatihan seni budaya untuk seluruh masyarakat Surabaya.

Rumah Kreatif khusus diberikan kepada warga Kota Surabaya untuk mengembangkan talenta yang dimiliki di bidang kesenian, dengan jumlah sebanyak 18 pelatihan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudapar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menuturkan, Rumah Kreatif sudah ada sejak tahun 2017 lalu. Tanpa ada batasan usia bagi warga Surabaya yang ingin bergabung. Pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 18 pelatihan. Diantaranya yakni paduan suara, tarian kreasi, hiphop, reog, jaranan, karawitan, music, dalang, laying-lauang dan ludruk.

“Kemudian ada juga teater, sastra, mocopat, topeng, lukis krayon, lukis cat air dan kombinasi dari keduanya yaitu lukis krayon dan cat air,” kata Antiek.

Ia melanjutkan, pertunjukkan ini merupakan pertama kali ditampilkan di Taman Bungkul dengan kemasan berbeda. Sebab, menurutnya pertunjukan ini sebagai media pengenalan kepada masyarakat umum.

“Warga Kota Surabaya yang ingin bergabung bisa langsung mendaftar ke UPTD Tugu Pahlawan atau daftar ke Disbudpar kemudian bisa ikut berproses bersama,” jelasnya.

Selain itu, katanya, pertunjukkan bertajuk Sawunggaling Anak Dunia ini, dapat diikuti oleh masyarakat yang hadir sebagai penonton. Mereka bisa terlibat langsung dalam pentas ini secara on the spot.

“Kita pilih tema Sawunggaling Anak Dunia karena sosoknya yang inspiratif yang wajib ditiru semangatnya. Jadi para penonton juga bisa tertular semangat dari pemainnya dan bisa ikut serta pentas on the spot,” ucapnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2623 seconds (0.1#10.140)