Jokowi Sebut 16 Kursi Menteri Parpol, PDIP Yakini Paling Banyak

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 07:53 WIB
Jokowi Sebut 16 Kursi Menteri Parpol, PDIP Yakini Paling Banyak
Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari optimistis Presiden Jokowi akan memberikan jatah menteri terbanyak untuk PDIP menyusul ditetapkannya komposisi 55% untuk profesional dan 45% dari parpol. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
SURABAYA - PDIP menghormati keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait komposisi kabinet yang memberikan kuota 55% untuk kalangan profesional dan 45% dari partai politik.

Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan, apa yang diputuskan Jokowi merupakan hak dan wewenang penuh Jokowi sebagai presiden terpilih. "Kami tentu merespons dengan mendukungnya," kata Eva saat dihubungi SINDOnews, Jumat (16/8/2019).

Eva menganggap, Jokowi sebagai Presiden berhak menentukan komposisi yang tepat dalam menyusun menteri kabinet. Sebab, kabinet tersebut akan membantunya selama lima tahun mendatang.

Jika mengacu pada komposisi 55% kalangan profesional dan 45% dari parpol, kata Eva, maka jika dijumlahkan menjadi 18 kursi menteri profesional dan 16 kursi menteri dari parpol.

"Sebanyak 16 (kursi) tadi akan dibagi di kalangan parpol-parpol pendukung tentu dengan asas proporsional yang artinya PDI Perjuangan paling banyak karena punya kursi paling banyak di DPR," pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5665 seconds (0.1#10.140)