Hari Ini 2,5 Juta Jamaah Haji Wukuf di Padang Arafah

loading...
Hari Ini 2,5 Juta Jamaah Haji Wukuf di Padang Arafah
Sekitar 2,5 juta jamaah haji wukuf di Padang Arafah.Foto/ist
MEKAH - Kurang lebih 2,5 juta jamaah haji dari seluruh dunia hari ini berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf.

Jamaah akan menjalani ritual puncak haji, yakni berdoa secara khusyuk mulai siang hingga sore hari. Situasi di Arafah tadi malam sudah penuh layaknya lautan manusia serbaputih.

Mereka bergerak dari Mekah menuju Arafah sejak pagi hari. Jalan-jalan menuju Arafah juga sangat padat. Aparat keamanan Arab Saudi melakukan penjagaan ketat di pintu-pintu masuk Arafah.

Pengamanan juga dilakukan melalui jalur udara. Helikopter angkatan bersenjata Arab Saudi sejak pagi melakukan pemantauan pergerakan jamaah yang mencapai jutaan orang.



Hingga tengah malam pergerakan jamaah haji Indonesia ke Arafah juga masih berlangsung. Pergeseran jamaah Indonesia yang totalnya mencapai 231.000 orang ini dilakukan dalam tiga tahap. Hal itu dilakukan lantaran keterbatasan jumlah angkutan masyair yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia, yakni hanya 21 unit bus per maktab.

Jamaah haji Indonesia bergerak dari Mekah ke Arafah sejak pagi kemarin. Tahap pertama pemberangkatan jamaah mulai pukul 07.00 sampai 12.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua mulai pukul 12.00 hingga 16.00 WAS. Gelombang terakhir baru dilakukan pada pukul 16.00 hingga tengah malam.



Kelompok terbang (kloter) 57 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan kloter 27 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) menjadi jamaah haji Indonesia pertama yang tiba di Arafah. Selanjutnya disusul jamaah dari kloter-kloter lain. Sebelum jamaah haji tiba, petugas telah lebih dulu sampai di Arafah untuk mempersiapkan penyambutan jamaah.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top