Tips Kelola Foto dan Video di Smartphone Agar Tak Hilang Sia-Sia

Selasa, 09 Juli 2019 - 10:45 WIB
Tips Kelola Foto dan Video di Smartphone Agar Tak Hilang Sia-Sia
Tips Kelola Foto dan Video di Smartphone Agar Tak Hilang Sia-Sia
A A A
JAKARTA - Siapa yang tak kesal mengetahui data di smartphone hilang tanpa bisa di-back-up. Rasa menyesal terjadi karena pengguna smartphone di Indonesia jarang melakukan back-up data penting.

Hasil survei oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. yang berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, membuktikan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal.

Lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.

"Pengguna smartphone paling banyak memakainya untuk menyimpan dan berbagi tentang kehidupan kita, baik itu mengambil foto atau video untuk berbagi kenangan, atau untuk menjaga hubungan dengan rekan dan kerabat melalui telepon, SMS, atau media sosial. Namun saat kita sibuk membuat konten, kerap kali kita lupa untuk melindungi konten penting tersebut,” kata Amy Tan, direktur Sales Regional Western Digital.

Amy menjelaskan jika selama ini, banyak yang berpikir bahwa proses pencadangan atau back-up data adalah sesuatu yang rumit atau terlalu memakan waktu. Sehingga mereka jarang melakukannya. Salah satu brand dalam naungan Western Digital Corp., yaitu SanDisk® adalah brand terdepan dalam solusi penyimpanan mobile.

"Kami ingin memberikan solusi kepada para pengguna dengan mempermudah dan mempercepat proses penyimpanan dan back-up data di perangkat mobile,"kata Amy.

Lantas, bagaimana mengelola foto dan video penting yang tersimpan di smartphone Ada? Ada beberapa solusi dan tips dari Western Digital dalam pengelolaan mobile storage Anda.

1.Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone
Konsumen sering mengalami kekurangan memori di smartphonenya. Sehingga harus menghapus file untuk menambah kapasitas memori. Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, di mana pun dan kapan pun.

Pengguna hanya perlu menyambungkan smartphone mereka dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone mereka. Perangkat ini juga merupakan solusi baik untuk mereka yang berencana berganti smartphone, karena mereka dapat dengan mudah memindahkan data dari smartphone lama ke yang baru!

2. Plug and Play yang Praktis
Survei menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan back-up secara teratur. Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive dapat mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan.

Pengguna bahkan dapat mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone. Praktis, bukan!

3. Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial
Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive. Alhasil, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.

4. Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas
Survei dari Western Digital menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone mereka untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone.

Kartu memori SanDisk Extreme® microSD™ dengan spesifikasi A2 3 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4868 seconds (0.1#10.140)