Pesawat-pesawat Tempur TNI AU, Membelah Langit Malam Madiun

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:04 WIB
Pesawat-pesawat Tempur TNI AU, Membelah Langit Malam Madiun
Sejumlah pesawat tempur, melakukan latihan terbang malam di Lanud Iswahjudi. Foto/Ist.
A A A
MADIUN - Langit malam wilayah Kabupaten Madiun, dan sekitarnya, bergemuruh oleh gerakan pesawat-pesawat tempur canggih TNI AU yang bermarkas di Lanud Iswahjudi.

Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, T-50i Golden Eagle, dan SU 27/30 Sukhoi, mengudara sebanyak 30 kali untuk melakukan latihan terbang malam.

Pesawat-pesawat Tempur TNI AU, Membelah Langit Malam Madiun


"Latihan terbang malam ini merupakan program dari Lanud Iswahjudi, yang dimulai hari Senin (20/5/2019) hingga Jumat (24/5/2019)," ujar Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Widyargo Ikoputra.

Latihan ini, menurutnya bertujuan meningkatkan kemampuan serta keahlian para penerbang tempur, baik pesawat F-16 Fighting Falcon, pesawat T-50i Golden Eagle, dan pesawat SU 27/30 Sukhoi Lanud Iswahjudi.

"Saya juga berpesan untuk selalu mengutamakan safety selama melaksanakan latihan terbang malam, tidak hanya crew semata namun juga ground crew dan pendukungnya," ujar marsekal bintang satu yang akrab disapa Iko tersebut.

Pesawat-pesawat Tempur TNI AU, Membelah Langit Malam Madiun


Latihan kali ini, dipimpin langsung oleh Komandan Wing 3 Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb. M. Satrio Utomo. "Pelaksanaan latihan terbang malam juga bertujuan meningkatkan profesionalisme para penerbang, baik skill (keahlian) maupun kemampuan terbang (profesiensi)," ujar Satrio.

Latihan terbang malam selama sepekan ini, dilaksanakan oleh Skadron Udara 3, Skadron Udara 15, dan Skadron Udara 14. "Hal ini sebagai tindak lanjut dari kesiapan kita sebagai bagian dari latihan. Kita tidak tau, kondisi yang menuntut kita untuk melaksanakan operasi, apakah siang, ataukah malam," ungkapnya.

Diawali dengan briefing penerbangan di ruang Teddy Kustari, pada Selasa (21/5/2019) pukul 02.00 WIB selanjutnya dilakukan briefing kecil disetiap elemen (Skadron), sembari para ground crew menyiapkan pesawat, akhirnya sekitar pukul 02.30 WIB pesawat tinggal landas dari Lanud Iswahjudi.

Pesawat-pesawat Tempur TNI AU, Membelah Langit Malam Madiun


"Latihan terbang malam ini melaksanakan terbang divertion (DIV), bertujuan familiar dengan procedure approach dan kondisi aerodrome setempat. Juga latihan terbang menuju aerodrome lain di sekitar Lanud Iswahjudi (Solo-Yogyakarta). kita juga melaksanakan latihan Live bombing malam hari di Pandanwangi, dan Tactical intercept," tuturnya.

Latihan terbang malam pertama, menyelesaikan 30 kali penerbangan, terdiri dari F-16 Fighting Falcon sebanyak 12 kali, T-50i Golden Eagle 16 kali, dan SU 27/30 Sukhoi dengan 2 kali penerbangan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7108 seconds (0.1#10.140)