Bengini Penjelasan Novel Baswdan Soal Foto Bersama Anies

Rabu, 09 Oktober 2019 - 22:03 WIB
Bengini Penjelasan Novel Baswdan Soal Foto Bersama Anies
enyidik senior KPK, Novel Baswedan menjelaskan mengenai isu miring saat dirinya foto bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto/Sutikno/SINDOphoto)
A A A
JAKARTA - Novel Baswedan, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menjelaskan mengenai isu miring saat dirinya foto bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurut Novel, ada oknum yang memang sengaja memviralkan foto yang viral di media sosial (medsos) tersebut.

"Itu menurut saya sengaja, yang bikin terpublis mungkin juga sebenarnya tahu tapi sengaja. Pak Anies itu tidak pernah ada kasus di KPK, soal orang dilaporkan, saya kira banyak orang yang dilaporkan," kata Novel usai bersaksi untuk perkara Markus Nari di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Novel menjelaskan, pertemuan antara dirinya dengan Anies Baswedan bukan suatu permasalahan. Sebab posisi Anies saat itu, bukan orang yang sedang berpekara di KPK, melainkan hanya sebagai pihak terlapor.

"Jadi kalau bertemu dengan orang yang dilaporkan enggak ada masalah, yang bermasalah adalah bertemu dengan orang yang sedang diperiksa di satu kasus perkara, nah itu bisa menjadi masalah," jelasnya.

"Tapi kalau dengan Pak Anies, Pak Anies enggak pernah ada masalah di KPK, enggak pernah ada penyelidikan terkait hal yang berhubungan dengan Pak Anies," sambungnya.

Sebelumnya, viral sebuah foto Novel dengan Anies Baswedan yang seolah-olah dikaitkan dengan sebuah lembaran yang tertulis tanda bukti penerimaan laporan atau informasi dugaan tindak pidana korupsi.

Dari hasil penelusuran di twitter, pemilik akun @YohanesPatty2 membuat cuitan yang ditujukan untuk akun resmi KPK terkait foto Novel Baswedan dengan Anies Baswedan di sebuah masjid.

Foto Novel dan Anies tersebut disandingkan dengan dua gambar lainnya yakni tanda bukti laporan atau informasi dugaan ?tipikor serta pernyataan Anggota Pansus KPK DPR RI, Eddy Kusuma Wijaya.

Tiga foto tersebut dibumbui dengan tulisan CC@KPK_RI teruntuk Novel Baswedan. Kami rakyat akal sehat menanti klarifikasi jika ada barter perkara dengan modus intimidasi atau karena kekerabatan (KKN)? CC @KontraS@haris_azhar@antikorupsi @KomnasHAMJangan ada dusta antara KPK dan Negara

Sebelumnya, KPK melalui Juru Bicaranya Febri Diansyah, juga telah mengklarifikasi soal foto Novel dengan Anies yang beredar di medsos. Kata Febri, foto tersebut bentuk serangan dan penyebaran informasi yang tidak benar karena dapat membentuk wacana negatif tentang lembaga antirasuah, utamanya terhadap Novel Baswedan.

"KPK memastikan dua hal tersebut tidak berhubungan. Perlu kami tegaskan, pengaduan masyarakat ?bersifat tertutup dan diproses di Direktorat Pengaduan Masyarakat yang berada di bawah Kedeputian PIPM," ujar Febri, Kamis (3/10/2019).

Diklarifikasi Febri, peristiwa dalam foto tersebut terjadi setelah Anies dan Novel salat ashar bersama pada awal Juni 2017. Saat itu, Novel masih dalam proses perawatan mata setelah operasi di Singapura.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8852 seconds (0.1#10.140)