Tangkapan Terbesar, Bea Cukai Jerman Sita 4,5 Ton Kokain

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 16:30 WIB
Tangkapan Terbesar, Bea Cukai Jerman Sita 4,5 Ton Kokain
Bea Cukai Jerman menyita 4,5 ton kokain dalam 221 tas yang disimpan dalam sebuah kontainer. Foto/Istimewa
A A A
BERLIN - Sebanyak 4,5 ton kokain senilai USD1,11 miliar berhasil diungkap dan disita oleh kepabeanan Jerman di kota pelabuhan utara Hamburg. Ini menjadi tangkapan terbesar di negara itu hingga saat ini.

Kantor pabean Hamburg mengatakan telah memeriksa sebuah kontainer pengiriman mencurigakan dua minggu lalu yang datang dari Ibu Kota Uruguay Montevideo. Kontainer itu hendak di bawa menuju kota Antwerp, Belgia.

Kontainer itu terdaftar berisi kedelai. Namun setelah dibuka pihak berwenang malah menemukan 221 tas olahraga hitam berisi 4.200 paket kokain.

"Jumlah yang sangat besar ini merupakan penyitaan kokain tunggal terbesar di Jerman," bunyi pernyataan yang dikeluarkan pihak pabean, seraya menambahkan bahwa kantor kejaksaan Hamburg sedang menyelidiki tujuan dari kontainer tersebut.

"Kokain yang disita dihancurkan di bawah langkah-langkah keamanan yang ketat dan luas," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (3/8/2019).

Para pejabat Jerman mengatakan penemuan itu mencerminkan kemampuan mereka yang semakin besar untuk mengganggu penyelundupan narkoba internasional. Tetapi mereka juga memperingatkan bahwa ukuran tangkapan menunjukkan bahwa kartel obat-obatan Amerika Selatan semakin berani seperti dikutip dari BBC.

Hamburg adalah pelabuhan terbesar ketiga di Eropa, dan terbesar di Jerman.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0216 seconds (0.1#10.140)