Rusia dan Turki Akan Produksi Sistem Rudal S-500

Minggu, 19 Mei 2019 - 12:14 WIB
Rusia dan Turki Akan Produksi Sistem Rudal S-500
Turki dan Rusia akan bekerja sama memproduksi sistem S-500. Foto/Istimewa
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan menyebut Rusia dan Turki akan memproduksi sistem pertahanan rudal udara S-500 generasi berikutnya. "Akan ada produksi bersama S-500 setelah S-400," kata Erdogan seperti dikutip dari Deutsche Welle, Minggu (19/5/2019).

Rencana ini diyakini akan membuat hubungan Turki dengan Amerika Serikat (AS) semakin merenggang. Sebagaimanan diketahui, hubungan kedua negara menjadi tegang setelah Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. AS, sekutu militer dalam aliansi NATO, telah mengancam sanksi terhadap negara mana pun yang membeli sistem pertahanan Rusia.

Erdogan pun dengan tegas Turki tidak akan membatalkan pembelian S-400 Rusia meski diancam sanksi oleh AS.

"Sama sekali tidak ada pertanyaan tentang (Turki) mengambil langkah mundur dari pembelian S-400. Itu adalah kesepakatan yang telah dilakukan," tegas Erdogan.

Awal tahun ini, para pejabat AS mengatakan kepada Turki untuk membatalkan perjanjiannya untuk mengakuisisi S-400. Sistem pertahanan udara itu dikatakan tidak akan kompatibel dengan perangkat keras militer AS saat ini.

Washington juga menyuarakan kekhawatiran bahwa S-400 akan membahayakan jet tempur F-35, dengan mengatakan rencana Turki untuk membeli sistem pertahanan buatan Rusia itu sangat bermasalah.

Bulan lalu, AS menghentikan pengiriman peralatan terkait F-35 setelah Turki menolak untuk mundur dari kesepakatan S-400 dengan Rusia.

"AS mengoper bola di lini tengah sekarang, menunjukkan keengganan," kata Erdogan.

"Tapi cepat atau lambat, kami akan menerima F-35. (AS) tidak mengirimkannya bukan pilihan," tukasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8040 seconds (0.1#10.140)