Cegah Corona, Warga yang Baru Datang di DIY Diminta Isolasi Diri

loading...
Cegah Corona, Warga yang Baru Datang di DIY Diminta Isolasi Diri
Warga yang baru datang di DIY diminta mengisolasi mandiri. FOTO : DOK SINDOnews
YOGYAKARTA - Polda DIY akan melakukan pendataan kepada warga DIY yang baru datang dari luar wilayah DIY, baik yang berpergian maupun warga DIY yang selama ini menetap di kota lain. Ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona jenis baru, Covid-19.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan menyikapi banyaknya warga yang kembali ke DIY setelah adanya wabah Covid-19, maka Polda DIY bersama Gugus Tugas Covid-19, baik provinsi, kabupaten kota, unsur TNI serta stakeholder lain akan mengambil beberapa langkah sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Pertama akan melakukan pendataan kepada mereka yang baru kembali dari wilayah luar DIY. Misalnya dari Jakarta kembali ke Yogya. Kemudian yang kedua akan melakukan himbauan kepada warga tersebut, melakukan isolasi selama 14 hari. Dalam arti tidak keluar rumah dulu.

“Maka dengan ini dimohon warga yang kembali ke DIY untuk melaporkan kepada prangkat setempat maupun kepada Babinkamtimas atau Babinsa,” kata Yuliyanto, Kamis (26/3/2020). Yuliyanto menjelaskan dengan langkah ini diharapkan dapat mencegah semakin berkembangnya atau melebarnya wabah Covid-19.



Sementara Pemkab Sleman meminta bagi warga Sleman yang baru berpergian ke luar daerah maupun warga luar Sleman yang ke Sleman, terutama dari daerah yang terpapar Covid-19 diharapkan segera memeriksa diri ke layanan kesehatan setempat. “Ini sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, sebab mulai banyak warga luar Sleman yang ke Sleman akhir-akhir ini,” kata bupati Sleman Sri Purnomo.
(nun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top