Cegah Corona, Warga Bantul Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

loading...
Cegah Corona, Warga Bantul Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri
Perangkat Desa Terong secara masif melakukan sosialisasi hidup sehat dan pencegahan penyebaran virus corona di Desa Terong, Dlingo Bantul. FOTO/DOK.Pemdes Terong
BANTUL - Jumlah masyarakat yang terpapar virus corona jenis baru, Covid-19 di wilayah DIY terus bertambah. Data terakhir ada enam orang dinyatakan positif terpapar virus mematikan ini.

Seiring dengan itu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan makin meningkat. Mereka secara mandiri membuat disinfektan untuk disemprotkan ke tempat umum dan rumah-rumah warga.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Terong, Dlingo, Bantul. Dengan peralatan seadanya mereka melakukan gerakan penyemprotan lingkungan. Di RT 04, Dusun Terong II misalnya, warga berinisiatif membuat disinfektan dengan bahan sederhana.

"Bahannya dari kaporit, wipol dan bayclin yag dicampur dengan air. Dananya dari kas RT dan swadaya masyarakat," kata Sugiyono (47), warga setempat di sela-sela aksi penyemprotan, Rabu (15/3/2019).



Alat semprot yang digunakan pun menggunakan alat semprot untuk hama tanaman yang biasa digunakan oleh warga. "Alat semprotnya ini milik kelompok RT," kata Sarjuni (28), relawan warga setempat. Warga pun terlihat antusias menyambut baik aksi ini.

Aksi warga ini tak luput dari pantauan perangkat Desa Terong. Tampak Kepala Desa Terong, Sugiyono turun tangan memantau aksi warganya tersebut. Menurutnya, dalam masa tanggap darurat bencana corona ini pihak desa telah mengeluarkan anggaran tak terduga Rp7,5 juta lebih. Dana tersebut lebih banyak digunakan untuk pembelian alat semprot dan penyemprotan disinfektan di tempat umum seperti masjid, pos ronda, pasar, objek wisata hutan pinus Pengger dan lainnya.

Cegah Corona, Warga Bantul Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Warga RT 04, Terong 2, Terong, Dlingo, Bantul melakukan penyemprotan mandiri ke rumh-rumah warga. FOTO/SINDOnews/Ainun Najib



Selain pemerintah Desa Terong, kegiatan ini juga melibatkan Puskesmas dan Forum Pennggulangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Terong.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top