Resep dan Cara Membuat Sate Bandeng untuk Makan Siang

Selasa, 24 Maret 2020 - 11:30 WIB
Resep dan Cara Membuat Sate Bandeng untuk Makan Siang
Umumnya sate dibuat dari daging kambing atau ayam. Tapi, kali Anda bisa mengkreasikan sate dari ikan. Namanya Sate Bandeng. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Jika mendengar kata bandeng, maka sebagian dari kita teringat dengan bandeng presto khas Semarang. Daging dan tulang yang empuk serta rasanya yang enak membuat olahan ikan ini disukai banyak orang.

Namun ternyata, ikan bandeng tak hanya enak ketika dipresto. Ikan bandeng juga lezat ketika dibuat sate. Seperti apa? Berikut ini resep dan cara membuatnya seperti dilansir Enduestv.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan-bandeng ukuran sedang
sdm minyak
100 g kelapa parut kasar, sangrai
1½ sdt garam
½ sdt gula-pasir
½ sdt asam-jawa, larutkan dengan ½ sdm air panas
2 butir telur-ayam
100 ml santan cair
daun pisang, untuk pembungkus
bambu, untuk penjepit

Haluskan:
12 butir bawang-merah
5 siung bawang-putih
3 buah cabai-merah-besar
1½ sdt ketumbar
¼ sdt jinten
2 cm jahe
1 cm lengkuas
3 cm kunyit, bakar

Cara membuat:
Keruk daging ikan bandeng, simpan kulitnya untuk dipakai lagi. Sangrai daging ikan hingga kering. Angkat. Pisahkan durinya, bila ada.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daging bandeng, kelapa sangrai, garam, gula pasir, dan air asam, aduk hingga rata. Angkat, pindahkan ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Tambahkan telur dan santan, aduk hingga rata.

Ambil ? bahan adonan, sisihkan sisa adonan. Masukkan ? bahan ke dalam kulit bandeng. Bentuk kembali hingga menyerupai ikan utuh. Jepit ikan dengan bilah bambu, sisihkan.

Bentangkan dua lembar daun pisang, taruh ? bagian adonan pada daun pisang, ratakan. Taruh bandeng di atasnya lalu tutup permukaan bandeng dengan sisa adonan. Bungkus bandeng dan sematkan tusuk gigi pada ujung-ujungnya. Bakar bandeng di atas bara api hingga matang. Angkat, sajikan segera.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8006 seconds (0.1#10.140)