Pakar Virus Undip Bocorkan Cara Matikan Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 - 17:55 WIB
Pakar Virus Undip Bocorkan Cara Matikan Virus Corona
Karakteristik Covid-19 juga mudah menular meski hanya melalui bicara meski tanpa batuk. FOTO/ISTIMEWA
A A A
SEMARANG - Pakar virus dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyampaikan sampai saat ini belum ada vaksin penangkal virus corona jenis baru, Covid-19. Perkembangan virus ini sangat cepat, karena satu virus bisa membuat seribu mutasi.

Selain itu, virus ini juga bisa berubah sikap kalau dibiarkan berkembang di masyarakat. Bisa melunak atau mengganas. Karakteristik Covid-19 juga mudah menular meski hanya melalui bicara meski tanpa batuk.

"Covid-19 ini menyerang saluran pernapasan atas. Kalau saluran pernapasan atas yang diserang, maka virus ini bisa keluar dengan hanya bersin, batuk atau bahkan hanya dengan bicara," kata Evi, pakar virus asal Undip, Kamis (19/3/2020).(Baca Juga: Satu Lagi, Pasien Pengawasan Corona Meninggal di Solo)

"Beda denga SARS. Kalau SARS harus dengan batuk. Jadi Covid-19 ini lebih mudah menular. Tapi kebanyakan orang tidak sadar telah menularkan," imbuh dia.

Evi menyarankan, pemerintah mengedepankan langkah promotif dalam penangkalan. Pertama dengan memperkuat daya tahan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat. Selanjutnya dengan membunuh virus tersebut yang menempel di luar tubuh. Untuk itu, dia merekomendasikan masyarakat menjaga kebersihan dan rajin olahraga.

"Cara membunuh virus itu setidaknya dengan dua cara itu. Untuk yang poin kedua, artinya kita bunuh sebelum masuk atau bahkan menempel di tubuh kita. Caranya? Sering cuci tangan dan mengelap benda-benda yang dicurigai telah terjadi kontak dengan korban positif menggunakan alkohol atau air sabun," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8225 seconds (0.1#10.140)