Marah Besar, Gubernur Jateng Ancam Polisikan Penyebar Hoaks Corona

Selasa, 17 Maret 2020 - 19:46 WIB
Marah Besar, Gubernur Jateng Ancam Polisikan Penyebar Hoaks Corona
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak segan akan menindak secara hukum pada mereka yang memelintir virus corona dengan memproduksi hoaks. FOTO/DOK.SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewanti-wanti agar jangan lagi ada oknum yang memancing di air keruh di tengah upaya penanganan virus corona jenis baru, Covid-19. Bahkan gubernur berambut putih itu tidak segan akan menindak secara hukum pada mereka yang memelintir kondisi dengan memproduksi hoaks.

"Akan saya laporkan (penyebar hoaks) ke polisi. Mungkin mereka niatnya main-main, tapi janganlah," kata Ganjar dalam konferensi pers update penanganan Virus Corona di Jawa Tengah, Selasa (17/3/2020). "Jangan ada hoaks selama kondisi seperti ini. Secepat itu (persebarannya) seperti penularan virus," ujarnya.

Bahkan Ganjar mengatakan juga mendapat pertanyaan langsung dari masyarakat lewat WhatsApp (WA), terkait gambar diliburkannya para pekerja. Ketika ditanya itu, Ganjar menyampaikan, tidak serta merta menjawab kebenarannya, tapi menanyai balik darimana gambar itu didapatkan. (Baca Juga: Warga Semarang Positif Corona Meninggal Dunia di RSUP Kariadi)

"Saya katakan, boleh gak Anda melaporkan dari mana awal Anda mendapatkan gambar itu, boleh tidak saya laporkan ke polisi? Dia langsung jawab, Wah jangan pak itu kawan saya. Jangan dilaporkan," katanya.

Ganjar berharap semua pihak menyampaikan dan mengabarkan persebaran virus Corona ini secara bijak, bukan melebih-lebihkan, juga bukan dengan cara menutup-nutupi. Kabar yang melebih-lebihkan, menurut Ganjar, akan membuat masyarakat panik, sementara menutupi realitas tidak membuat warga teredukasi.

"Temen-temen, saudara semua jangan nge-hoaks deh dalam kondisi seperti ini sensitif. Saya tidak tahu, mungkin itu bercanda, tapi sebaiknya jangan seperti itu lah," kata orang nomor satu di Jawa Tengah ini. (Baca Juga: Pasien Positif Corona Meninggal di RS Kariadi Miliki Mobilitas Tinggi)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6123 seconds (0.1#10.140)