Kemenag DIY Bubarkan Seminar Haji

loading...
Kemenag DIY Bubarkan Seminar Haji
Kemenag DIY dan Ditintelkam Polda DIY membubarkan seminar Solusi Tepat Cepat Dapat Porsi Haji. FOTO : DOK Kemenag DIY
YOGYAKARTA - Kantor Kementerian Agama DIY bersama Polda DIY membubarkan kegiatan seminar Solusi Tepat Cepat Dapat Porsi Haji. Diduga kuat lembaga penyelenggara melanggar beberapa regulasi terkait haji dan umrah.

Kepala Seksi Bina Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Silvia Rosetti mengatakan, pembubaran acara seminar ini dilakukan pada Rabu (11/3/2020) lalu.

Pihaknya terpaksa membubarkan seminar lantaran seminar tersebut lantaran diadakan oleh pihak yang mengaku dari Penyelenggaran Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Hanan Nusantara yang berkantor di Bekasi namun tidak memiliki cabang di DIY.

Dengan iming-iming menyetor uang Rp2,5 juta, calon jemaah dijanjikan mendapatkan porsi haji dengan skema yang disepakati.



"Selain izin yang bermasalah, PPIU tersebut seharusnya tidak boleh menerima pendaftaran haji,” terangnya dalam rilis Kamis (12/3/2020).

Dijelaskannya, PPIU tersebut menerima sejumlah uang dari calon jemaah dengan menjanjikan mendapat nomor porsi haji reguler. Padahal sesuai ketentuan uang setoran menjadi kewenangan Bank Penerima Setoran (BPS) dan Kemenag.

Kepala Seksi Transportasi, Perlengkapan, dan Akomodasi Haji Reguler, H Akhmad Darwis menambahkan upaya membubarkan agenda seminar juga berdasarkan informasi masyarakat. Dengan adanya aduan masyarakat tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Polda DIY untuk penanganan seminar tersebut.



“Sebelumnya pihak penyelenggara juga melakukan promosi di TVRI stasiun Yogyakarta, dan ada masyarakat yang mencurigai karena dianggap tidak wajar,” jelasnya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top