Siswa SD Patukangan 1 Kendal Sulap Koran Bekas Jadi Guci Cantik

Selasa, 10 Maret 2020 - 14:47 WIB
Siswa SD Patukangan 1 Kendal Sulap Koran Bekas Jadi Guci Cantik
Siswa SD Patukangan 1 Kota Kendal, Farhan menunjukkan hasil kerajinan tangan dari bahan koran bekas, Selasa (10/3/2020). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Koran bekas bagi sebagian orang hanya dimanfaatkan untuk bungkus nasi atau menjadi sampah. Namun bagi siswa SD Patukangan 1 Kota Kendal, koran bekas bisa dijadikan bahan utama membuat kerajinan tangan bernilai tinggi berupa guci cantik dengan berbagai ukuran.

Di bawah bimbingan guru, siswa dan siswi SD menyulap koran bekas menjadi sebuah guci cantik. Kertas koran awalnya digulung hingga menjadi gulungan kecil. Setelah gulungan dirasa kuat dan kokoh, ujung kertas koran lalu dilem. Selanjutnya gulungan kertas koran dianyam satu persatu mulai dari bawah hingga ke atas mengikuti pola atau bentuk guci.

Meski terlihat mudah dan sederhana tapi dalam menganyam kertas koran dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Menurut Farhan, salah satu siswa, dirinya bersama teman-temannya tergerak untuk mengolah bahan-bahan yang tak terpakai di sekolah menjadi barang bermanfaat.

"Koran bekas yang dibiarkan menumpuk di ruang perpustakaan dimanfaatkan jadi guci," kata Farhan, Selasa (10/3/2020).

Kepala SD Patukangan 1, Ahmad mengungkapkan, sekolah memang mewajibkan seluruh siswa untuk berkreasi sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Melalui tangan-tangan kreatif siswa-siswi, sebuah guci cantik berhasil dibuat dan dapat digunakan sebagai tempat tanaman maupun hiasan.

"Meski belum dijual secara umum tapi setidaknya karya siswa-siswi ini bisa mengurangi sampah kertas di sekolah. Mereka juga bisa berkreasi di rumah dan menjadi hiasan di rumah masing-masing," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1908 seconds (0.1#10.140)