Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak, 5 Warga Mengungsi

Senin, 25 Februari 2019 - 00:18 WIB
Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak, 5 Warga Mengungsi
Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi saat meninjau salah satu rumah warga Kecamatan Bulu yang rusak akibat diterjang angin kencang, Minggu (24/2/2019). FOTO/IST
A A A
TEMANGGUNG - Angin kencang disertai hujan deras menerjang wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (24/2/2019). Akibatnya puluhan rumah warga Desa Pasuruhan dan Gondosuli rusak setelah diterjang angin kencang.

Tak hanya itu, lima orang warga juga terpaksa harus mengungsi karena rumah mereka rusak berat. Adapun kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Gito Walngadi menuturkan, bencana ini terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Angin kencang menerjang sejumlah dusun di Desa Gondosuli dan Pasuruhan. “Bencana ini berdampak kerusakan rumah warga. Tingkat keruskan rumah warga ada yang sedang dan rusak berat,” kata Gito kepada SINDOnews, Minggu (24/2/2019).

Adapun rumah warga Desa Gondosuli yang terdampak bencana ini, jumlah mencapai 13 unit. Rinciannya, 4 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 8 rumah rusak ringan.

Dia mejelaskan, belasan rumah rusak tersebut tersebar di lingkungan RT 05 Rw 04 Dusun Purwosari, Dusun Gondosuli dan Dusun Ngadisari, Desa Gondosuli. “Tidak ada korban dalam bencana di Desa Gondosuli. Hanya satu orang warga mengalami luka ringan,” katanya.

Sedangkan bencana angin kencang di Desa Pasuruhan merusak 34 rumah warga. Tingkat kerusakan puluhan rumah tersebut masuk kategori ringan. Puluhan rumah tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Kami sudah meninjau lokasi dan assestment. Pasca kejadian langsung dilakukan kerja bakti membersihkan material rumah yang berserakan,” tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1077 seconds (0.1#10.140)