Tangis Haru Warnai Pemakaman Sertu Anumerta Dita Ilham, Kakak Pingsan

loading...
Tangis Haru Warnai Pemakaman Sertu Anumerta Dita Ilham, Kakak Pingsan
Tangis haru mewarnai pemakaman Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati, korban jatuhnya helikopter MI-17 yang dilakukan secara militer di Banyumas. FOTO/iNews/SALADIN AYYUBI
BANYUMAS - Tangis haru mewarnai pemakaman Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati, korban jatuhnya helikopter MI-17 yang dilakukan secara militer di Banyumas. Bahkan, kakak korban sempat histeris hingga jatuh pingsan saat melihat peti jenazah adiknya dimasukan ke dalam liang lahat.

Upacara dipimpin Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dhani Wardhana. Upacara militer yang diikuti oleh puluhan personel TNI/Polri ini dilakukan saat jenazah akan dibawa ke tempat pemakaman umum. Isak tangis keluarga terus mewarnai proses pemakaman ini hingga pelepasan jenazah.

Peti jenazah dari rumah duka di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas dilepas menuju ke pemakaman dengan menggunakan ambulans yang berjaraknya sekitar 1 kilometer. Ratusan warga juga ikut mengantar jenazah menuju TPU Desa Kemutug Kidul ini.

Upacara militer kembali dilakukan di TPU. Kali ini dipimpin oleh Kabengkus Penerbad Skuadron 31 Serbu Semarang, Kolonel CMP Heri Kriswanto. upacara militer dilakukan di hadapan peti jenazah korban yang berada di samping liang lahat. Upacara militer pemakaman kru helikopter MI-17 ini juga disaksikan oleh seluruh anggota keluarga.



Isak tangis kembali pecah saat peti jenazah akan dimasukan ke liang lahat. Bahkan, kakak korban langsung histeris hingga pingsan usai mengumandangkan azan. Beberapa anggota TNI berusaha menggotong kakak korban ke tempat aman.

Dengan diiringi tembakan salvo, peti jenazah Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati dimasukan ke liang lahat. Korban sendiri mendapatkan penghormatan dengan kenaikan pangkat satu tingkat, dari Serda menjadi Sertu.

"Beliau Serda Dita Ilham karena gugur di medan tugas, makanya dinaikan pangkatnya melalui Panglima TNI melalui KASAD satu tingkat menjadi Sertu Anumerta. Setiap prajurit yang gugur kita wajib melakukan upacara militer, tergantung permintaan keluarga, karena ini khusus maka saya sebagai inspketur upacara," kata Kolonel Kav Dani Wardhana, Selasa (18/2/2020).



Sertu Anumerta Dita Ilham merupakan anggota Penerbad Skuadron 31 Serbu Semarang yang sedang bertugas di Papua. Namun nahas, pesawat helikopter yang ditumpangi saat hendak mengantar logistik mengalami kecelakaan di Oksibil, Papua pada pertengahan 2o19 lalu.
(amm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top