Kantor Kemenag Sleman Luncurkan Inovasi SMILE

Kamis, 09 Januari 2020 - 00:10 WIB
Kantor Kemenag Sleman Luncurkan Inovasi SMILE
Kepala Kemenag DIY Edhi Gunawan (tengah) melihat fasilitas SMILE di Kantor Kemenag Sleman, Rabu (8/1/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sleman meluncurkan inovasi Sistem Manajemen Informasi Layanan Elektronik (SMILE) dan Reformasi Birokrasi-Zona Integrasi (RB-ZI) Corner di kantor Kemengah Sleman, Rabu (8/1/2020). SMILE ini berisi informasi tentang data-data, berita maupun informasi keagamaan di wilayah Kabupaten Sleman. Sedangan RB-ZI corner sebagai media literasi dan informasi mengenai institusi Kemenag.

Kepala Kantor Kemenag Sleman Saban Nurani mengatakan, SMILE sebagai layanan mandiri Kemenag Sleman bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang keagamaan di Sleman dan juga bagi karyawan Kemenag Sleman dalam menunjang pelaksaaan tugas. Seperti mendapatkan surat tugas bagi kepala KUA untuk melaksanakan layanan nikah yang dapat menunjang profesi.

"Inovasi SMILE ini kelanjutan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah diluncurkan tahun 2019," kata Saban, Rabu (8/1/2020). Sedangkan RB-ZI Corner merupakan sarana untuk penataan birokrasi sekaligus untuk mendukung peningkatkan kinerja dan layanan prima kepada masyarakat.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mendukung inovasi Kantor Kemenag Sleman dalam menciptakan aplikasi pelayanan online terpadu sekaligus mewujudkan layanan informasi RB-ZI Corner. "Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat dengan Kemenag sekaligus menghindarkan masyarakat dari informasi yang salah," kata Sri Muslimatun.

Menurutnya, kemajuan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan yang mudah. Hal tersebut dinilai menjadi salah satu tantangan bagi instansi pemerintahuntuk terus berinovasi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan publik.

"Saya mengimbau agar inovasi yang telah dikembangkan ini betul-betul dioptimalkan dengan menyediakan informasi-informasi yang aktual dan terus diperbaharui," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4603 seconds (0.1#10.140)