Jokowi Sebut Kenakan Celana Cingkrang dan Cadar Adalah Pilihan Pribadi

Jum'at, 01 November 2019 - 22:15 WIB
Jokowi Sebut Kenakan Celana Cingkrang dan Cadar Adalah Pilihan Pribadi
Presiden Jokowi menganggap celana cingkrang dan cadar adalah pilihan pribadi dalam berpakaian. Foto/DOK.SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Polemik larangan mengenakan celana cingkrang dan cadar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat respons dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut presiden, cara berbusana adalah pilihan pribadi masing-masing.

"Kalau saya ya yang namanya cara, cara berpakaian, cara berpakaian itu kan sebetulnya pilihan pribadi-pribadi, pilihan personal atau Kebebasan pribadi setiap orang," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (1/11/2019).

Namun begitu, dia mengingatkan bahwa setiap instansi memiliki aturan yang harus dipatuhi. "Tetapi di sebuah institusi, kalau memang itu ada ketentuan cara berpakaian, ya tentu saja harus dipatuhi," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah bahwa dirinya melarang aparatur sipil negara (ASN) mengenakan cadar dan celana cingkrang. Dia menegaskan, dirinya tak berhak mengatur hal-hal tersebut.

"Saya enggak berhak dong, masa menteri agama mengeluarkan larangan. Enggak ada. Menteri agama, paling-paling merekomendasikan," ungkapnya.

Dia mengatakan, pernyataan tersebut hanya berkaitan dengan aspek agama. Menurutnya, tidak ada ayat yang memerintahkan ataupun melarang soal penggunaan cadar.

"Kita merekomendasi tidak ada ayat-ayat yang menguatkan tapi juga enggak ada yang melarang, silakan saja. Kalau kemudian ada beberapa instansi melarang dengan alasan keamanan ya urusan instansi itu. Saya merekomendasi sampai itu," pungkasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.5991 seconds (0.1#10.140)