Siswa MAN I Yogya Sabet Perunggu di International Exhibition for Young Inventors

Minggu, 27 Oktober 2019 - 21:00 WIB
Siswa MAN I Yogya Sabet Perunggu di International Exhibition for Young Inventors
Siswa MAN 1 Yogyakarta, Arya Daffa Danendra meraih penghargaan di ajang Internasional Exhibition for Young Inventors yanag digelar di ICE BSD Tangerang 23-26 Oktober 2019. FOTO/DOK.MAN 1 YOGYAKARTA
A A A
YOGYAKARTA - Siswa MAN 1 Yogyakarta, Arya Daffa Danendra meraih penghargaan di ajang Internasional Exhibition for Young Inventors yanag digelar di ICE BSD Tangerang 23-26 Oktober 2019. Daffa mendapatkan medali perunggu untuk kategori Foods and Agriculture.

Pada ajang itu, Daffa mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul Suksesi Vegetasi dan Pembentukan Tanah di Daerah Gunung Merapi Cangkringan. Karya ini bersaing dengan 150 karya yang berasal dari 11 negara.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Wiranta Prasetya Hadi mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Daffa. Prestasi ini mengharumkan nama MAN 1 Yogyakarta serta madrasah pada umumnya. Pihaknya terus berusaha memberikan ruang bagi anak didik untuk berkembang dan mengembangkan diri sesuai bakat untuk meraih cita-citanya.

"Prestasi dari Arya Daffa Danendra sangat membanggakan kami. Ini juga menunjukkan bahwa anak-anak madrasah memiliki kompetensi dan potensi luar biasa, penuh percaya diri bersaing di tingkat nasional bahkan internasional dengan kategori umum, berusia dewasa," katanya kepada SINDOnews, Minggu (27/29/2019).

Dijelaskan, pihak sekolah akan memberikan apresiasi setiap bakat siswa untuk dapat mengembangkan diri agar meraih kesuksesan. Ada yang berbakat riset, robotik, akademik, seni, olahraga, dai, berorganisasi, dan lain-lain dengan multi kecerdasannya.

"Untuk itu, kita beri ruang, waktu, kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat mengembangkan diri semaksimal mungkin. Kita berharap setiap siswa nantinya di kemudian hari profesional di bidang masing-masing, berintegritas tinggi, amanah, berakhlaq mulia," katanya.

Wiranta juga mengaku bersyukur memiliki siswa dengan daya juang dan ketahanan tinggi seperti Arya Daffa Danendra. Dengan kegigihannya, percaya diri, belajar bersungguh-sungguh, bisa mengembangkan bakatnya sehingga meraih kesuksesan.

"Kami juga bersyukur dan terima kasih pada orang tua dan wali siswa yang bekerja sama dengan sangat baik dengan pihak madrasah. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang sudah memberi kepercayaan pada kami. Kesuksesan bisa diraih, proses dan sistem yang kita bangun bisa kita jalankan dengan baik, hanya jika ada siswa yang bersungguh-sungguh melaksanakannya, respons dan kerja sama yang baik dari orang tua dan siswa, dukungan dari masyarakat dan instansi terkait," katanya.

Untuk pengembangan ke depan MAN 1 Yogyakarta juga akan terus berbenah, berinovasi agar prestasi demi prestasi bisa diraih, lebih mencerdaskan dan menjadi sekolah Islami dapat diwujudkan. Prestasi yang diraih ananda Arya Daffa Danendra diharapkan mampu menginspirasi siswa lain, tidak hanya siswa MAN 1 Yogyakarta tetapi juga siswa madrasah lainnya, siswa Sekolah lainnya, SMA/SMK, serta para peneliti muda lainnya.

"Majunya peradaban karena para peneliti. Peneliti sudah seharusnya mendapatkan perhatian yang besar. Dari para peneliti inilah dicapai kemajuan suatu peradaban, kemajuan bangsa dan negara," katanya.

Wiranta juga merasa bangga menjadi bagian dari para peneliti. Dia juga mengukuhkan MAN 1 Yogyakarta sebagai Madrasah Riset, Madrasah Robotik, Madrasah Tahfiz, Madrasah Unggul di bidang Akademik, dan Madradah Keagamaan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6048 seconds (0.1#10.140)